Connect with us

Edukasi

10 Kampus Berkelanjutan Pengelolaan Lingkungan

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Bumi telah memasuki tahap pendidihan global. Kondisi ini membuat iklim berubah, suhu global meningkat, dan potensi kerusakan alam lainnya.

Kondisi ini memunculkan tantangan lingkungan yang harus menjadi prioritas untuk segera dilakukan solusinya bagi seluruh umat manusia di Bumi. Termasuk bagi institusi dan organisasi penting di dunia.

Mau tidak mau, seluruh elemen kini perlu mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan. Kampus, khususnya, memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman generasi berikutnya tentang keberlanjutan dan tindakan yang diperlukan untuk menciptakan masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Di seluruh dunia, beberapa sekolah atau kampus telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap tanggung jawab lingkungan dan telah menerapkan praktik inovatif untuk mengurangi jejak karbon (carbon footprint) mereka.

Advertisement

Apa Itu Kampus Berkelanjutan?
Melansir laman Sustainable Review, kampus berkelanjutan telah mengambil pendekatan komprehensif yang melampaui kurikulum, mencakup perencanaan, pengoperasian, dan pengelolaan fasilitas.

Kebijakan keberlanjutan ini memperkuat pengajaran di kelas, mengurangi jejak karbon kampus, dan membina hubungan masyarakat yang positif.

Dalam konteks penerapannya di kampus, konsep ini mengacu pada praktik yang meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi.

Hal ini mencakup berbagai aspek seperti pengurangan emisi karbon, konservasi sumber daya alam, peningkatan keanekaragaman hayati, dan pengembangan budaya kepedulian lingkungan di kalangan mahasiswa dan dosen.

Setidaknya, ada beberapa universitas di seluruh dunia telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan. Berikut adalah 10 sekolah paling berkelanjutan di dunia.

Advertisement

10 Kampus Paling Berkelanjutan di Dunia
1. Universitas California

Kampus ini telah melakukan pengelolaan lingkungan mencakup berbagai bidang, termasuk konservasi energi, pengurangan limbah, dan pengelolaan air. Sistem University of California (UC) selalu menjadi yang terdepan dalam inisiatif keberlanjutan.

See also  Presiden Jokowi: Desember 2024 Bandara IKN Beroperasi

UC Berkeley, misalnya, menawarkan kampus berkelanjutan dengan bangunan ramah lingkungan, teknologi hemat air, dan pilihan transportasi ramah lingkungan.

Selain itu, ada juga UC Santa Barbara telah berkomitmen terhadap lingkungan hidup dengan menerapkan proyek energi terbarukan dan mempromosikan praktik berkelanjutan di kalangan mahasiswa dan dosen.

Sementara UC Davis, yang terkenal dengan program pertaniannya yang terkenal di dunia, juga memimpin dalam praktik dan penelitian pertanian berkelanjutan.

2. Universitas Amerika
American University (AU) di Washington, D.C., telah mempromosikan praktik ramah lingkungan melalui gedung bersertifikasi LEED, proyek energi terbarukan, dan pilihan transportasi berkelanjutan.

Advertisement

Upaya keberlanjutan AU dalam beberapa tahun terakhir telah setara dengan menghilangkan 61.000 mobil dari jalan raya, menyediakan listrik untuk 10.000 rumah setiap tahunnya, menanam lebih dari 4,5 juta pohon, dan mengalihkan 10 juta lampu pijar ke LED.

Ke depan, kampus ini memiliki misi untuk literasi iklim dan nihil limbah pada tahun 2030.

3. Universitas & Penelitian Wageningen
Kampus ini memiliki fokus unik pada makanan sehat dan lingkungan hidup. Selain itu, kampus ini telah menerapkan penekanan kuat pada keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi.

4. Universitas Negeri Arizona
Arizona State University memiliki tujuan ambisius untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan efisiensi energi dengan fokus pada sumber energi terbarukan.

Laboratorium Penelitian Energi Surya (SERL) adalah proyek menonjol yang berkolaborasi dengan mitra industri untuk memajukan teknologi surya dan solusi energi ramah lingkungan.

Advertisement

Bahkan kampus ini telah menerima penghargaan dari dua organisasi nasional atas upaya keberlanjutan dan pencapaian netralitas karbon. Times Higher Education dan Badan Perlindungan Lingkungan mengakui ASU atas komitmennya terhadap emisi nol bersih dan penggunaan energi ramah lingkungan.

See also  Cegah Konten Melanggar Hukum, Kominfo-Bawaslu Bentuk Satgas Awasi Pemilu 2024

5. Perguruan Tinggi Atlantik
College of the Atlantic yang berlokasi di Maine, Amerika Serikat, telah beroperasi dengan 100% energi terbarukan dan memiliki infrastruktur berkelanjutan, termasuk bangunan ramah lingkungan dan pilihan transportasi alternatif.

Kampus ini telah dinobatkan sebagai perguruan tinggi paling ramah lingkungan oleh The Princeton Review dan beberapa kali menduduki peringkat teratas Sekolah Keren Sierra Club.

6. Universitas Negeri Iowa
Iowa State University, di bagian barat tengah Amerika Serikat, telah berinvestasi pada turbin angin di kampus, yang secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Universitas memiliki rencana keberlanjutan mencakup pengurangan emisi karbon, penghematan energi, dan penerapan praktik berkelanjutan dalam operasional sehari-hari.

Advertisement

7. Universitas Negeri Colorado
College of the Atlantic di Maine menjadi perguruan tinggi netral karbon pertama pada tahun 2007. Perguruan tinggi ini berfokus pada keterlibatan siswa dalam pendidikan keberlanjutan berdasarkan pengalaman dan menghilangkan penggunaan bahan bakar fosil.

Perguruan tinggi ini dinobatkan sebagai perguruan tinggi paling ramah lingkungan di Amerika selama enam tahun berturut-turut oleh The Princeton Review dan juga beberapa kali menduduki peringkat teratas Sekolah Keren Sierra Club.

8. Universitas Connecticut (UConn)
UConn unggul dalam mengurangi emisi gas rumah kaca melalui investasi pada sumber energi terbarukan seperti sistem tenaga surya dan panas bumi, yang bertujuan untuk mencapai netralitas karbon.

Selain itu, teknologi hemat energi dan desain bangunan semakin mendukung tujuan keberlanjutannya. Hal ini berkomitmen terhadap Komitmen Iklim Presiden American College dan Universitas (PCC) dan bertujuan untuk mencapai kampus netral karbon pada tahun 2050.

Rencana Aksi Iklim (CAP) mereka menguraikan strategi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, dengan kemajuan yang dipantau melalui rumah kaca tahunan inventaris gas.

Advertisement

9. Universitas Massachusetts
University of Massachusetts (UMass) telah berdedikasi untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan dan mengelola sumber daya dengan baik di lima kampusnya di Amherst, Boston, Dartmouth, Lowell, dan Medical School di Worcester.

See also  Secara Resmi Karim Benzema Keluar Dari Real Madrid

Setiap kampus memiliki program dan layanan berkelanjutan uniknya sendiri yang berkontribusi terhadap keberlanjutan UMass secara keseluruhan.

Khususnya, mereka telah mencapai dampak sebesar 20% dalam energi terbarukan, 50% dalam pengurangan limbah, 30% dalam konservasi air, dan 60% dalam transportasi berkelanjutan.

10. Universitas Chatham
Kampus ini telah menjadi universitas netral karbon pertama di Pennsylvania sejak 2008 Kampus Eden Hall sebagai laboratorium hidup untuk keberlanjutan Falk School of Sustainability & Environment, yang menawarkan program gelar yang berfokus pada keberlanjutan.

Source: Detikcom
Dok: Universitas Negeri Iowa

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *