Connect with us

Bisnis

10 Negara Ini Memiliki Cadangan Emas Terbesar di Dunia

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Emas merupakan salah satu logam mulia paling berharga di bumi. Keberadaannya banyak dimanfaatkan mulai dari perhiasan, aset simpanan, hingga penentu nilai mata uang suatu negara.

Selain itu emas juga memiliki banyak kegunaan terutama di bidang industri, karena sifat logam emas padat, lunak, dan mudah ditempa. Sebagai contoh emas bisa digunakan dalam produk-produk elektronik, kedokteran gigi, pelindung radiasi, dan kabel.

Masih belum cukup, logam mulia ini juga dapat dijadikan pelengkap dalam makanan atau minuman karena dapat dikonsumsi, meskipun merupakan logam berat dan padat. Namun dari semua itu, emas berkontribusi terhadap kebijakan moneter suatu negara, stabilitas mata uang, dan transaksi keuangan internasional.

Karenanya setiap negara yang memiliki cadangan emas paling banyak dapat memberikan pengaruh moneter yang sangat kuat, baik secara domestik maupun internasional. Lantas negara mana saja yang memiliki simpanan emas paling banyak di dunia?

Advertisement

Melansir dari situs Statista, Sabtu (29/9/2023), pemilik cadangan emas terbesar di dunia hingga 2023 masih dipegang oleh bank sentral Amerika Serikat dengan jumlah mencapai 8.133,5 metrik ton emas.

Dengan lebih dari 8.000 metrik ton emas, AS memiliki pengaruh moneter yang sangat besar terhadap perekonomian dunia. Bahkan dengan cadangan emas sebanyak itu membuat dolar AS jadi mata uang nomor 1 di bumi.

Jumlah cadangan emas yang dimiliki AS ini lebih dari dua kali lipat dari cadangan emas Jerman yang berada di peringkat kedua sebagai negara ‘penimbun’ emas terbesar di dunia dan tiga kali lipat lebih dari cadangan emas Italia dan Perancis.

Setelahnya ada Rusia yang menduduki peringkat ke 5 dengan cadangan emas mencapai 2.329,65 metrik ton. Barulah setelah itu China menduduki peringkat keenam dalam hal jumlah cadangan emasnya, dan selanjutnya disusul oleh Australia.

See also  Erick : Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Tidak Ganggu Pasokan BBM

Agar lebih mudah dipahami, berikut 10 negara dengan cadangan emas terbesar di dunia:
1. Amerika Serikat: 8.133,53 metrik ton
2. Jerman: 3.352, 67 metrik ton
3. Italy: 2.451,86 metrik ton
4. Prancis: 2.436,9 metrik ton
5. Federasi Rusia: 2.329,65 metrik ton
6. China: 2.113,48 metrik ton
7. Jepang: 845,98 metrik ton
8. India: 797,44 metrik ton
9. Turki: 669,81 metrik ton
10. Belanda: 612,46 metrik ton

Advertisement

Source: Detikcom
Dok: Ilustrasi emas (Foto: Zlaťáky.cz/Pexels)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *