Connect with us

Edukasi

10 Negara Terancam Mengalami Bencana Alam, Indonesia Urutan Kedua

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Peristiwa alam atau yang kemudian banyak disebut bencana alam seringkali diperparah karena ulah manusia. Meski secara umum, bencana alam terjadi karena kondisi geografis suatu wilayah.

Ancaman bahaya alam dilihat dari potensi-potensi bencana alam misalnya seperti tsunami, gempa bumi, dan gunung meletus. Bencana alam semacam itu hampir tidak memiliki batasan seberapa agresif sifat alam tersebut.

Sejauh ini, negara-negara yang memiliki wilayah rawan bencana alam telah melakukan tindakan preventif terbaik untuk melindungi dan membantu pemulihan warganya ketika mengalami bencana.

Namun tetap saja, pemerintah dan masyarakat sering kali tidak berdaya ketika banyak bencana alam terjadi di negara mereka.

Advertisement

Berdasarkan laporan Stastia’s Research Department tahun 2022, terdapat beberapa negara yang paling banyak terkena bencana alam, sebagaimana dikutip dari laman World Atlas.

Daftar 10 Negara Paling Banyak Mengalami Bencana Alam:

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat menjadi negara paling banyak mengalami bencana alam dibanding negara lain di dunia. Tercatat pada tahun 2022, ada 26 bencana alam terjadi di Amerika Serikat.

Jika merunut ke belakang, dari 1980-an, kebakaran hutan di Amerika Serikat bahkan terus meningkat. Negara-negara bagian AS yang kaya akan lahan hijau seperti California dan Texas cenderung mengalami kebakaran hutan terbesar. Sementara negara-negara pesisir seperti Florida sering terkena dampak badai Atlantik.

2. Indonesia
Negara kedua dengan bencana alam terbanyak adalah Indonesia. Seperti yang diketahui Indonesia memiliki kondisi geografis yang beragam dan dilalui jalur Cincin Api Pasifik, yang menandakan ada banyak gunung berapi aktif di sana.

Advertisement

Terhitung setahun dari 2022, Indonesia telah mengalami 20 bencana alam dengan bencana paling menonjol adalah Gempa Cianjur, di pantai barat Pulau Jawa, berkekuatan 5,6 Skala Richter.

See also  Sinopsis Film The 33

Meskipun pemerintah Indonesia telah menerapkan tindakan dan sistem yang ketat dalam menghadapi bencana alam, tetapi lokasi geografis dan infrastruktur yang lemah di beberapa wilayah menjadikannya salah satu negara yang paling rentan bencana alam.

3. Kolombia
Kolombia juga diketahui mempunyai banyak potensi gempa bumi karena lokasi geografisnya yang terletak di pertemuan Lempeng Amerika Selatan dan Lempeng Nazca.

Pada tahun 2022, terdapat 14 bencana alam dan yang paling sering terjadi adalah gempa bumi, angin topan, dan badai tropis. Geografis Kolombia juga menjadi rumah bagi 15 gunung berapi aktif dengan letusan terakhir pada tahun 1985. Sedangkan pada saat musim hujan, Kolombia menjadi penyumbang bencana alam tahunan yang signifikan.

4. China
Posisi geografis China yang terletak di antara pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik, dan Samudra Hindia membuat gempa bumi dan tanah longsor menjadi bencana alam utama mereka.

Advertisement

Pada tahun 2022, China mengalami 12 bencana alam dimana angka tersebut menyamai peringkat Filipina dan Brazil. Bencana paling menonjol pada tahun tersebut adalah gempa Luding dan gempa Qinghai yang berkekuatan 6,6 Skala Richter.

5. Brasil
Negara ini memiliki 12 bencana alam pada tahun 2022. Curah hujan yang tinggi sempat terjadi di Petrópolis, Rio de Janeiro pada tanggal 15 Februari 2022. Bencana tersebut menyebabkan tanah longsor dan banjir yang melanda kota hingga menyebabkan kematian pada sedikitnya 231 orang.

6. Filipina
Tidak hanya Indonesia, negara Filipina juga berdekatan dengan Cincin Api Pasifik dan pesisir pantai. Hal ini menjadikan Filipina sebagai ‘rumah’ bagi perairan panas dunia. Kondisi ini juga meningkatkan potensi terjadinya gempa bumi, badai, dan angin topan di negara dengan ibu kota Manila tersebut.

See also  Ayo Daftar! SMA Taruna Nusantara Sudah Buka, Cek Syarat, Jadwal dan Biayanya

Tercatat, ada 12 bencana alam pada tahun 2022, dengan bencana terparah yaitu Badai Tropis Agaton dan Topan Super Karding. Bencana tersebut mengakibatkan tanah longsor di Leyte serta Topan Paeng/Nalgae yang menyebabkan banjir di Maguindanao.

7. Venezuela
Negara yang terletak di sepanjang pantai utara Amerika Selatan ini menjadi negara paling aktif secara seismik di AS karena adanya Sesar Boconó.

Advertisement

Sesar itu melintasi Mérida Andes di wilayah barat laut yang juga rentan terhadap banjir. Pada tahun 2022, Venezuela mengalami total 8 bencana alam dan membuat lebih dari 140 nyawa meninggal dunia.

8. Afghanistan
Sepanjang tahun 2022, Afghanistan mengalami 8 bencana alam. Negara ini terletak di dekat pegunungan Himalaya, dengan pembangunan sosial ekonomi yang rendah, menimbulkan kerusakan yang parah di wilayah timur akibat banjir bandang bulan Agustus 2022. Bencana tersebut berdampak pada lebih dari 15.875 orang dan 5.600 rumah hancur.

9. Thailand
Negara ini sering menghadapi banyak bencana alam, termasuk banjir, kekeringan, dan tsunami. Negara ini memiliki kondisi geografis wilayah pemukiman yang beragam dari pegunungan hingga kepulauan.

Salah satu bencana yang paling berdampak hingga melanda Vietnam dan Filipina adalah Topan Noru pada tahun 2022.

10. Vietnam
Garis pantai Vietnam yang panjang dan berbentuk S yang bersentuhan langsung dengan Samudera Pasifik berpotensi memunculkan angin topan, badai tropis, dan banjir bandang.

Advertisement

Di sisi lain, pesisir timurnya merupakan letak kota besar yaitu Da-nang. Pada tahun 2022, Vietnam mengalami 8 bencana salah satunya banjir besar dan tanah longsor pada bulan Oktober 2022.

Nah, itulah sederet negara paling banyak mengalami bencana alam di dunia. Semoga menambah wawasan, ya!

Source: Detikcom
Dok: Ilustrasi bencana alam

See also  10 Mata Uang Terendah Di Dunia, CEK SEGERA!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *