Connect with us

Sport

16 Tim Lolos Piala Asia U-23 2024

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Lengkap sudah 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-23 tahun depan. Asia Tenggara mengirim empat wakil ke ajang ini, termasuk Indonesia.

Dalam fase kualifikasi yang berlangsung pada 6-12 September 2023, 11 negara lolos sebagai juara grup. Mereka adalah Yordania, Korea Selatan, Vietnam, Jepang, Uzbekistan, Irak, Uni Emirat Arab, Thailand, Australia, Arab Saudi, dan Indonesia.

Empat negara berhasil lolos dengan status runner-up terbaik di antara 11 tim yang finis kedua di setiap grup. Mereka adalah Kuwait, Malaysia, China, dan Tajikistan. Dengan menghitung Qatar sebagai tuan rumah, lengkap sudah peserta Piala Asia U-23 2024.

16 negara di atas kemudian dibagi ke dalam empat pot berbeda yang nantinya akan diundi ke dalam empat grup berbeda. Indonesia diperkirakan akan masuk pot empat mengingat ini merupakan kali pertama Garuda Muda tampil di Piala Asia U-23.

Advertisement

Sejauh ini, belum diumumkan kapan pengundian grup kaan digelar. Namun jadwal turnamen sudah dipastikan akan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei 2024.

Meski berstatus debutan, Ketum PSSI Erick Thohir mengingatkan tim asuhan Shin Tae-yong agar tak minder. Ia bahkan optimis Garuda Muda bisa bersaing merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024, yang didapat dari ajang tersebut.

“Tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Memang perjuangan di Qatar tidak mudah. Namun dengan mental pemenang yang tidak mau menyerah, tradisi kemenangan ini bisa kita lanjutkan untuk menembus Olimpiade Paris 2024,” ujar Erick usai Indonesia memastikan lolos.

Berikut daftar 16 negara peserta Piala Asia U-23 2024:

Qatar (tuan rumah)
Arab Saudi
Uzbekistan
Jepang
Australia
Korea Selatan
Irak
Vietnam
Thailand
Yordania
Uni Emirat Arab
Kuwait
Malaysia
Tajikistan
China
Indonesia

Advertisement

Source: detik.com
Dok: Instagram Timnas Indonesia

See also  Indonesia Lolos Piala Asia U-23 di Qatar

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *