Connect with us

Edukasi

3 Tips Mudik Lebaran ke Kampung Halaman

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Momen mudik 2023 akan terasa lebih spesial dibanding beberapa tahun terakhir karena kondisi pandemi COVID-19 kian mereda. Pemerintah juga tidak lagi menerapkan pembatasan atau larangan perjalanan sehingga masyarakat semakin leluasa untuk melakukan perjalanan mudik.

Kenaikan jumlah pemudik pun telah diprediksi akan terjadi, mencerminkan tingginya minat masyarakat untuk kembali ke kampung halaman.

Maka dari itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan persiapan mudik secara matang, termasuk bagi yang akan menggunakan kendaraan pribadi.

Dengan perjalanan jauh yang akan ditempuh, ditambah potensi kepadatan yang akan terjadi. Melansir antaranews, pemudik harus memerhatikan segala aspek untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama menjalani mudik.

Advertisement

1. Menjaga kondisi fisik
Saat mudik, waktu yang ditempuh selama perjalanan akan berjam-jam. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin, baik itu sebelum berangkat maupun selama melakukan perjalanan.

Kondisi tubuh tetap bisa dijaga prima dengan makan makanan bergizi, olahraga, tidur cukup, dan minum vitamin. Perlu juga diperhatikan kondisi tubuh selama perjalanan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui titik-titik area istirahat dan posko mudik yang bisa dimanfaatkan.

Untuk menjaga mood selama berkendara, bisa pengemudi bisa menyiapkan playlist lagu yang disukai atau mengobrol agar tidak mudah mengantuk selama perjalanan.

2. Pastikan kendaraan prima Selain menjaga kondisi tubuh, pastikan pula kondisi kendaraan tetap prima. Sebelum mudik, penting untuk melakukan pengecekan rutin pada kendaraan di bengkel terdekat.

Pastikan mengecek seluruh aspek pada kendaraan hingga ke hal-hal sederhana seperti tekanan angin ban dan kondisi lampu kendaraan. Dengan begitu, pengalaman berkendara selama mudik akan semakin nyaman dan aman.

Advertisement

3. siapkan perbekalan yang cukup
Panjangnya perjalanan mudik membuat ketersediaan perbekalan logistik menjadi penting. Pastikan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk mengisi tenaga selama di jalan.

See also  Kemenlu Apresiasi ke Mesir dan Qatar telah Membantu Evakuasi WNI dari Gaza

Pertimbangkan juga untuk membawa bantal yang dapat meningkatkan kenyamanan. Jika membawa anak, pastikan untuk mempersiapkan seluruh perlengkapannya agar sang buah hati bisa merasa nyaman selama perjalanan mudik. Semangat untuk mudik.

Dok: gajigesoblog

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *