Connect with us

Edukasi

Pengertian, Manfaat, dan Cara Utarakan Afirmasi Positif

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Mengatakan kepada diri sendiri bahwa kamu hebat mungkin terdengar aneh. Namun, nyatanya afirmasi positif ini bermanfaat untuk kesehatan mental maupun fisik.

Apa saja manfaat afirmasi positif dan bagaimana cara melakukannya? Mari kita bahas satu per satu di sini.

Pengertian Afirmasi Positif

Disampaikan Catherine Moore, psikolog dari Positive Psychology, afirmasi positif adalah pernyataan positif yang digunakan untuk menyingkirkan pikiran negatif. Pernyataan ini ditanamkan kepada diri sendiri.

Advertisement

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu memilih pernyataan positif yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi, serta mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

Kemudian, ucapkan pernyataan tersebut berulang kali kepada diri sendiri. Kamu juga bisa menulis pernyataan positif agar bisa dibaca terus-menerus.

Meski awalnya terasa aneh, afirmasi positif nyatanya dapat memengaruhi pola pikir dan perasaan, terutama ketika kamu sering terjebak dalam pikiran negatif yang membuatmu cenderung meragukan diri sendiri.

Afirmasi positif dapat meminimalkan hal negatif dan membantumu melihat diri sendiri secara lebih positif.

Untuk mendapatkan manfaat dari afirmasi positif, kamu perlu melakukannya secara teratur. Namun, bukan berarti pernyataan tersebut harus diulangi berulang kali setiap menit.

Advertisement

Kamu hanya perlu menanamkan dengan penuh kesadaran pada diri sendiri bahwa kamu berbakat dan berharga.

Manfaat Bicara Afirmasi Positif

Terdapat sejumlah manfaat melakukan afirmasi positif secara teratur, antara lain:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, manfaat afirmasi positif dapat membantumu menumbuhkan rasa percaya diri kembali.

“Ketika kamu merasa ragu dengan kemampuan diri sendiri, misalnya takut gagal melakukan sesuatu, coba afirmasi diri bahwa kamu mampu. Cara ini dapat membuatmu lebih percaya diri,” tuturnya.

Advertisement

2. Menghargai Diri Sendiri
Seiring berjalannya waktu, kebiasaan mengutarakan pernyataan positif dapat membentuk cara pandangmu terhadap diri sendiri. Pada gilirannya, kamu jadi lebih bisa menghargai diri sendiri.

See also  Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Proyek BTS

Selain itu, kebiasaan mengafirmasi hal positif bermanfaat mendukung terbentuknya jalur baru di otak yang membantumu berpikir secara lebih sehat.

3. Mengurangi Pikiran Negatif
Afirmasi positif dapat membantu kamu mengurangi pikiran negatif.

“Saat berulang kali melakukan afirmasi positif, kamu menanamkan bahwa kamu memiliki keyakinan yang positif terhadap diri sendiri,” kata Ikhsan.

Dengan begitu, pikiran negatif dapat diminimalkan dan gairah dalam menjalani hidup bertambah.

Advertisement

4. Meningkatkan Kesejahteraan Hidup
Saat pola pikir positif muncul, hal ini memengaruhi segala tindakan yang kamu lakukan. Salah satu manfaatnya adalah membantumu mempelajari keterampilan baru.

Selain itu, afirmasi positif dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain. Pada gilirannya, hal ini bisa meningkatkan peluang kesuksesanmu di lingkungan sosial maupun pekerjaan.

5. Mencegah Terjadinya Perilaku Buruk
Saat bersikap negatif dan memiliki pikiran yang buruk terhadap diri sendiri, kamu cenderung melakukan aktivitas yang dapat merugikan diri sendiri. Aktivitas yang dimaksud, misalnya berfoya-foya tanpa perencanaan keuangan yang jelas hingga mengalami kesulitan ekonomi.

Kamu mungkin juga menjalani pola hidup tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, ataupun obat-obatan terlarang yang jadi pemicu munculnya penyakit kronis.

Afirmasi positif dapat meminimalkan stres dan membuatmu menghargai diri sendiri. Alhasil, kecenderungan melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri juga berkurang.

Advertisement

6. Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
Afirmasi positif memang tidak bisa menyembuhkan gangguan kecemasan maupun depresi. Afirmasi positif juga tidak bisa dijadikan pengganti pengobatan klinis untuk mengatasi kondisi tersebut.

Meski begitu, psikolog Catherine Moore mengatakan bahwa afirmasi positif tetap bermanfaat untuk mendukung kesehatan mental.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa afirmasi positif dapat meningkatkan harapan untuk hidup yang membantu proses pengobatan pasien kanker.

See also  Google dan YouTube Fokuskan Informasi Pemilu Dari Sumber KPU-Bawaslu

7. Menyehatkan Fisik
Keyakinan negatif seringkali menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan. Sebaliknya, pikiran yang positif bisa membuat kesehatan fisik menjadi lebih baik.

Dengan menanamkan hal positif pada diri sendiri, kamu jadi tergerak memiliki pola hidup yang lebih sehat dan baik. Hal ini bisa berdampak langsung kepada kesehatan fisik.

Advertisement

8. Meningkatkan Kualitas Tidur
Kesulitan tidur umumnya dialami penderita gangguan kecemasan. Afirmasi positif bisa membantu meredakan kecemasan yang mungkin bisa membantu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik.

Perpaduan antara afirmasi dan meditasi bisa membuat tubuh lebih relaks dan tenang. Apabila kamu kesulitan tidur, tidak ada salahnya mencoba meditasi dan melakukan afirmasi positif agar lebih mudah tidur dan terlelap dengan nyenyak.

Cara Melakukan Afirmasi Positif

Supaya lebih efektif, afirmasi positif harus dilakukan minimal setiap hari. Afirmasi positif bisa dilakukan di waktu pagi dan malam hari.

Kamu juga bisa menuliskan kalimat positif dan meletakkannya di beberapa lokasi yang bisa terlihat dengan jelas, seperti di kamar mandi, mobil, atau monitor komputer.

Advertisement

Berikut contoh afirmasi positif yang bisa kamu lakukan setiap hari:

• Aku percaya pada diriku sendiri dan mampu melakukannya
• Aku kuat, tangguh, dan berani untuk menghadapi masalah
• Tujuan dan keinginanku sama berharganya dengan milik orang lain
• Aku mencintai diriku sendiri
• Hidup itu indah dan setiap hari dipenuhi dengan kegembiraan
• Saat ini mungkin aku gagal, tapi aku tidak melupakan banyak keberhasilan yang pernah diraih
• Aku memiliki banyak kelebihan yang bisa ditunjukkan ke orang lain
• Aku bersyukur masih ada kesempatan untuk melakukan hal yang positif
• Tantangan yang aku alami dapat membuatku terus berkembang menjadi lebih baik

See also  Marketplace Guru Program Nadiem Tuai Kritikan dan Keluhan

Saat mempraktikkan afirmasi positif, sebaiknya mulai dengan mengambil napas dalam-dalam, perlahan, dan tenang. Usahakan agar perasaan negatif tidak mengalihkan konsentrasimu.

Meski awalnya terasa aneh berdiri di depan cermin dan mengucapkan kata-kata kepada diri sendiri, hal ini bisa berdampak baik untuk tubuh. Kamu bisa mengucapkan afirmasi positif berulang kali agar makin terbiasa.

Source: klikdokter
Foto: Helena Lopes on Unsplash

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *