kapolda-metro-irjen-fadil-imran-jumpa-pers-penangkapan-terduga-teroris-di-jakarta-dan-bekasi-1_169.jpeg

3,5 Kg Bahan Peledak Ditemukan di TKP Condet-Bekasi, Bisa Jadi 70 Bom Pipa

Diposting pada

Detasemen Khusus 88 membawa serangkaian bukti penggerebekan di lokasi terduga teroris di Condet, Jakarta Timur; dan Bekasi. Ada 5 kontainer bom kargo yang diasuransikan.

Berdasarkan hasil bahan peledak (bahan peledak) dan bahan bakunya yang tersedia, menurut perhitungan tim, diperkirakan bom TATP 5 seberat 3,5 kilogram mampu menghasilkan sekitar 70 bom silinder, yang bisa jadi akan berubah menjadi sekitar. 70 bom. Bom pipa, ”kata Kapolda Metro Jaya Fadil Imran dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (29/3/2021).

Fadil juga menjelaskan, lima bom aktif yang dirakit ditemukan dalam penggerebekan tersebut. Bom aktif ditemukan sudah dalam bentuk kaleng dengan sumbu.

“TATP merupakan senyawa kimia eksplosif yang tergolong sangat sensitif dan sangat eksplosif. TATP merupakan senyawa peroksida yang memiliki karakteristik sangat mudah terbakar hanya dengan adanya gesekan termal dan pemicu lainnya,” kata Fadil.

Dari temuan tersebut, tim penjinak bom Gegana Polda Metro Jaya langsung membuang dua lokasi ditemukannya TATP. Pertama di Bekasi dan di COndet.

Baca Juga :  Wapres Ma’ruf Amin: Pemerintah Memutuskan Melanjutkan Kartu Prakerja di 2021

Pasalnya, bom TATP berhasil dideteksi dan dihadang teman-teman Densus 88 Satgaswil Polda Metro Jaya. Selanjutnya tim Densus 88 akan memeriksa hasil di TKP dan hasil pengolahan TKP, serta informasi dari testimoni yang didapat. ke TKP, “kata Fadil. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *