Connect with us

News

4.990 BTS 4G dan Satria-1 Diresmikan Presiden Jokowi

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Presiden Joko Widodo meresmikan 4.990 BTS 4G di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) serta pengoperasian Satelit Republik Indonesia (Satria-1). Dengan ini, konektivitas diharapkan semakin merata di Tanah Air.

“Alhamdulillah, puji dan syukur kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa hari ini persoalan lapangan pembangunannya bisa diselesaikan. Meskipun, masih ada yang tertinggal 630 BTS, masih tersisa di tanah Papua,” ujar Presiden Jokowi saat acara peresmian BTS 4G di Desa Bowobaru Utara, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

“Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan yang Maha Esa pada siang ini saya resmikan pengoperasian sinyal BTS 4G Bakti dan akses internet di desa 3T serta pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia 1 di Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara,” lanjutnya.

Seperti diketahui proyek BTS 4G sempat tersandung kasus korupsi hingga menyeret nama mantan Menkominfo Johnny G Plate dan Dirut Bakti Kominfo Anang Achmad Latif sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Advertisement

Meski demikian, setelah dilakukan pengkajian, Kejagung memberikan lampu hijau dan mendampingi proses pembangunan BTS 4G. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan untuk menuntaskan infrastruktur telekomunikasi ini.

Bakti membangun BTS 4G dalam dua tahap. Tahap pertama, sampai dengan tahun 2020 total pembangunan BTS di 1.682 lokasi dan seluruhnya telah migrasi ke layanan jaringan 4G pada tahun yang sama.

BTS 4G Bakti Kominfo Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Selanjutnya mulai Tahun 2021, pembangunan Tahap Kedua di 5.618 lokasi yang dibagi menjadi dua fase, yaitu Fase 1 Tahun 2021 di 4.112 lokasi dan Fase 2 Tahun 2022 di 1.506 lokasi. Pembangunan difokuskan pada wilayah 3T, dengan 76% cakupannya berada di timur Indonesia, yakni Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua,” papar Budi.

See also  Erick Thohir: Indonesia Posisi Ke Empat di SGIE

Per 26 Desember 2023, sudah seluruh BTS 4G telah on air untuk 1.682 lokasi. Sedangkan, untuk Tahap 2 BTS di sebanyak 4.990 lokasi telah on air dari keseluruhan target.

Pembiayaan pembangunan BTS 4G Bakti Kominfo berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola Kementerian Kominfo. Dalam proyek ini, Bakti Kominfo melanjutkan kontrak kerja dengan mitra terdahulu untuk operasional BTS 4G di daerah 3T.

Source: Detikcom
Dok: merdeka

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *