4 Penyebab dan Cara Membenahi Indikator Bensin Motor Injeksi

Penyebab dan Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi
Views: 4574
Read Time:3 Minute, 55 Second

4 Penyebab dan Cara Membenahi Indikator Bensin Motor Injeksi

Informasi Mobil – Ada yang pernah mengalami kehabisan bensin padahal indikator menunjukan bahwa bensin masih tersisa? Kami percaya banyak orang pernah mengalaminya. Lalu bagaimana cara membenahi indikator bensin motor injeksi yang error maupun rusak?

Agar dapat membenahi indikator bensin motor injeksi, Anda semua wajib terlebih dahulu mengetahui apa penyebabnya.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan indikator bensin mengalami kerusakan ataupun error sehingga tidak dapat menunjukan sisa bensin sebagaimana mestinya.

Mengetahui sisa bensin Adalah suatu hal yang amat penting. Apabila bensin seketika habis maka motor agak ngambek.

Kalau ngambek didekat pom bensin tentu tidak jadi problem, sebab dapat langsung mengisi bensin tatkala habis.

Yang jadi problem ialah tatkala kehabisan bensin ditempat yang jauh dari pengisian bahan bakar. Alhasil mau tidak mau wajib memotivasi motor sampai menemui pom bensin.

Agar tidak kehabisan bensin ditengan jalan, Anda semua wajib membenahi indikator bensin waktu terjadi kerusakan.

Caranya cukup gampang. Tapi sebelum itu silahkan simak terlebih dahulu apa penyebab indikator bensin rusak.

Penyebab Indikator Bensin Rusak

 Penyebab dan Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi

Ada beberapa penyebab indikator bensin motor injeksi rusak. Penyebabnya tidak tak sama jauh dengan motor karburator. Dimana penyebabnya ialah selaku berikut

  1. Keadaan aki telah tidak bagus
  2. Problem pada jalur kabel indikator bensin
  3. Pelampung bensin bermasalah
  4. Odometer mengalami kerusakan
READ  Orang Jepang Bingung Lihat Desain Mobil Kijang Innova di Indonesia

Di atas Adalah beberapa penyebab Inti indikator bensin motor injeksi rusak sehingga tidak dapat menampilkan sisa bensin secara real-time.

Cara Membenahi Indikator Bensin Motor Injeksi

seusai mengetahui seluruh penyebabnya, sekarang kita tinggal mencoba cara membenahi indikator bensin motor injeksi. Anda semua dapat mencoba memperbaikinya sendiri atau Hadir ke bengkel motor terdekat.

Tidak seluruh orang punya nyali membongkar motor sendiri. Kalau Anda semua salah satunya, maka lebih membenahi indikator bensin di bengkel terdekat agar dapat diperbaiki oleh mekanik yang telah berpengalaman.

Tidak ada salahnya mencoba membenahi sendiri. Dari pada membuang uang untuk ongkos perbaikan, lebih baik uang disimpan untuk kebutuhan lainnya. Nah untuk mengetahui cara membenahi indikator bensin motor injeksi silahkan simak caranya berikut ini.

1. Meneliti Jalur Kabel

 Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi

Indikator bensin cuma dapat bekerja sempurna apabila kabel yang terhubung ke pelampung bensin dalam keadaan normal. Kalau kabel terbakar maupun rusak, maka indikator bensin tidak akan dapat menampilkan sisa bensin secara akurat.

Kami sarankan untuk meneliti keadaan kabel, apakah masih bagus atau tidak. Pada motor injeksi Honda biasanya kabel pelampung bensin berkelir Merah (+) dan Hitam (-).

Kelir kabel akan berubah pada bagian soket kabel body pelampung bensin jadi kelir Kuning / Putih (+) dan Hijau / Hitam (-) sampai indikator bensin.

READ  Tatkala Karomah Habib Syaikhun “Wan Sehan” Tidak Dapat Disembunyikan Lagi

Anda semua dapat mencari kabel indikator bensin secara mudah, sebab kabel akan langsung terhubung dari indikator bensin ke pelampung bensin sehingga tidak bercabang ke mana-mana.

Pastikan kabel yang terhubung dari indikator bensin dan pelampung masih bagus. Kalau ada terbakar atau rusak, maka lebih baik mengganti kabel tersebut. seusai itu tinggal mengecek apakah indikator bensin kembali normal atau tidak.

2. Mengganti Aki

Idealnya aki motor injeksi mempunyai tegangan 12.50 volt. Kalau tegangan dibawah 10 Volt maka akan memepengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor, termasuk indikator bensin yang Ada di Speedometer.

Tegangan aki di bawah 10 volt menandakan bahwa aki telah rusak atau soak. Untuk mengatasinya lebih baik berbelanja aki baru agar daya-kerja aki kembali optimal dan sanggup menyalurkan arus secara sempurna ke seluruh sistem kelistrikan sepeda motor.

3. Meneliti Pelampung Bensin

Cara membenahi indikator bensin motor injeksi seterusnya ialah dengan meneliti keadaan pelampung bensin, apakah kondisinya normal atau tidak.

Cara meneliti keadaan pelampung dapat dengan cara melepat soket kabel body yang terhubung ke pelampung. Lantas coba hubungkan soket tersebut mempergunakan kabel atau tang sirklip.

Kalau ternyata indikator bensin berubah jadi full, maka dapat dipastikan pelampung bensin mengalami kerusakan. Tapi apabila indikator bensin tidak bergerak sampai full maka besar kemungkian terjadi kerusakan pada indikator bensin.

READ  Lewat Donasi Masker, Astra Motor Jateng Inisiasi Kampanye #TepukTanganUntukNakes

Cara kerja pelampung bensin ialah dengan mengirimkan sinyal ke indikator bensin melalui kabel yang terhubung ke ke-2 komponen tersebut.

Pada tangki bensin juga Ada sensor. Silahkan Anda semua lihat keadaan sensor tersebt, apakah berkarat atau tidak. Kalau karatanya tidak mau hilang meski telah dibersihkan, maka lebih baik menggantinya dengan yang baru

4. Mengganti Speedometer

Rata-rata motor injeksi mempunyai indikator bensin yang Ada dibagian speedometer. Tidak jarang speedometer mengalami kerusakan, sehingga indikator bensin ikut rusak.

Sebelum speedometer diperbaiki, maka indikator bensin tetap tidak akan berfungsi secara normal. Jadi untuk mengatasinya mau tidak mau wajib mengganti speedometer yang rusak.

Nah demikianlah info Soal cara membenahi indikator bensin yang rusak pada motor injeksi. Silahkan Anda semua mencoba sendiri cara yang kami sampaikan di atas.

Apabila kerepotan dalam melaksanakan perbaikan, kami sarankan untuk Hadir langsung ke bengkel motor terdekat agar problem indikator bensin yang rusak dapat cepat teratasi.

Cukup sekian info Informasi Mobil pada Peluang kali ini. Simak pula artikel sebelumnya Soal pajak mobil Lamborghini dan bermacam info menarik lainnya.

4 Penyebab dan Cara Memperbaiki Indikator Bensin Motor Injeksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *