5 ‘Ah’ yang Jadi Argumentasi Bisnis Mesti Untung – Aspiratif News

Views: 16
Read Time:1 Minute, 51 Second

5 ‘Ah’ yang Jadi Argumentasi Bisnis Mesti Untung – Aspiratif News

Bandar Lampung, NU Online

Dalam berusaha atau bisnis, keuntungan jadi target dari saban orang yang melakukannya. Dalam Islam, keuntungan yang didapat bukan cuma untuk kepentingan dan dinikmati sendiri. Ada hak orang lain yang wajib diberikan dalam bentuk zakat dan sedekah.


“Kenapa bisnis wajib untung? Agar kita dapat 5 ‘-ah’ ialah dapat sedekah, dapat menolong orang susah, dapat membantu orang yang terkena musibah, dapat makin rajin ibadah, dan dapat berangkat dan memberangkatkan orang ke Madinah dan Makkah,” kata Wakil Rais Syuriyah PWNU Provinsi Lampung, Sabtu (27/6).


5 ‘Ah’ ini menurutnya wajib jadi prinsip dan Dilakukan oleh ummat Islam. Dan ini menurutnya jadi bagian tugas dan peran para ulama untuk mengingatkannya pada ummat Islam. “Ulama mempunyai kedudukan dan peran penting di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kedudukan yang spesial menjadikan peran para ulama mempunyai bermacam-macam peran dan sebagai teladan dalam bermacam hal,” ujarnya waktu berbicara pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) virtual Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung.

READ  Keputusan taktik Pemerintah RI dan Saudi Arabia soal Haji 2020 Tidak Penting Dipolitisir - Aspiratif News


Peran ulama ke kesadaran berzakat dan berinfak ummat Islam ini penting agar apa yang sudah diperintahkan oleh Allah melalui Nash Al-Qur’an dapat diamalkan oleh ummat Islam. “Kewajiban zakat sudah diatur dalam ketentuan agama dan Ialah kewajiban bagi Muslim sebagaimana disebut dalam QS. At-Taubah: 103,” jelasnya.


Ulama sebagai “Public Figure” juga mempunyai peran untuk membantu menginisiasi kegiatan-kegiatan yang bersifat filantropis sekaligus penggerak penggalangan ongkos (raising fund) bagi kemaslahatan masyarakat. Posisi dan peran strategis inilah yang wajib dimaksimalkan terkhusus di tengah kondisi waktu ini, di mana dampak pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi masyarakat.


“Fungsi zakat itu dapat diperuntukkan bagi kepentingan sosial dan ekonomi. Fungsi sosial di antaranya dapat menghilangkan rasa iri bagi para mustahik dan fungsi ekonomi ialah dengan membantu yang lemah untuk mempunyai modal usaha sehingga dapat mengangkat kondisi ekonominya,” jelas laki-laki yang juga Ketum MUI Provisni Lampung ini.


Aktifitas ini dibuka oleh Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto dan menghadirkan nara sumber di antaranya Rektor Unila Aom Karomani, Rektor UIN Raden Intan H Moh Mukri, Rektor Universitas Bandar Lampung Yusuf Sulfarano Barusman.

READ  Ansor Kotawaringin Barat Bagi-bagi Masker untuk Ribuan jema'ah


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Syamsul Arifin 

5 ‘Ah’ yang Jadi Argumentasi Bisnis Mesti Untung – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *