Connect with us

Edukasi

5 Rekomendasi Buku Bantu Mengembangkan Diri Kamu

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Menjadi bagian dari gen Z bukanlah hal yang mudah, di mana kamu harus benar-benar bisa membedakan mana yang baik mana yang buruk. Terutama dalam menyikapi hal kedewasaan, tak jarang banyak dari mereka yang lebih sering putus asa dalam berjuang dimasa dewasa sekarang.

Tapi itu bukan halangan untuk kalian bisa naik tingkatan yang lebih baik, ya bestie. Mau tau gimana caranya agar bisa naik tingkatan dalam berpikir, bersikap hingga bertindak? Sepertinya kalian wajib membaca rekomendasi buku berikut ini. Simak, yuk!

1. Filosofi Teras

Filosofi Teras (Instagram.com/alineasya)

Filosofi Teras merupakan buku self improvement karya Henry Manampiring. Buku ini diterbitkan pada tahun 2021 dengan jumlah 298 halaman.

Buku ini bisa dijadikan sebagai teman di kala kamu merasakan emosi negatif di dalam pikiran, overthinking, cemas, dan sebagainya. Di halaman awal pun, sudah diingatkan kalau ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan dan tidak.

Advertisement

Diingatkan juga kalau pikiran negatif datang kamu harus bisa menghentikannya. Bisa dengan teknik STAR (Stop-Think-Asses-Respond). Nah, buku Filosofi Teras ini bisa dijadikan sebagai “rem” nya. Banyak hal-hal yang bisa dipelajari dan diterapkan.

2. Automic Habits

Atomic Habits (Instagram.com/_fullybooked)

Atomic Habits merupakan buku karya James Clear, salah satu pakar terkemuka dunia dalam pembentukan kebiasaan. Buku ini disajikan kepada para pembaca untuk memberikan pengajaran tepat cara untuk membentuk kebiasaan yang baik, menghilangkan kebiasaan buruk, dan menguasai perilaku kecil yang menghasilkan hasil luar biasa.

Buku ini akan mengajak kalian yang kesulitan dalam mengubah kebiasaan buruk. Masalah yang utama dari hal tersebut adalah sistem kamu. Kebiasaan buruk berulang lagi dan lagi bukan karena tidak ingin berubah, tetapi karena kamu memiliki sistem perubahan yang salah

See also  Memperingati Hari Anak, Aktor Korea Lee Jong Suk Berikan Donasi

Sepanjang jalan, pembaca akan terinspirasi dan terhibur dengan kisah nyata dari peraih medali emas Olimpiade, artis pemenang penghargaan, pemimpin bisnis, dokter penyelamat hidup, dan komedian bintang yang telah menggunakan ilmu kebiasaan kecil untuk menguasai keahlian mereka dan melompat ke dunia atas bidang mereka.

3. Buku Berani Tidak Disukai

Berani Tidak Disukai (Instagram.com/purple.bibliophile)

Buku Berani Tidak Disukai berjudul asli Kirawareru Yuki, ditulis oleh Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga, yang ditejemahkan oleh Agnes Cynthia.

Advertisement

Buku ini memuat banyak teori psikologi Alfred Adler, salah satunya adalah teori dengan metode reward and punishment, “Kalau tidak ada yang memujiku, aku tidak akan mengambil tindakan yang tepat. Dan kalau tidak ada yang menghukumku, aku juga akan terlibat dalam tindakan yang tidak tepat.”

Kamu tidak harus hidup untuk mendapatkan pengakuan orang lain, dan juga tidak harus memenuhi ekspektasi orang lain. Yang menjalani hidup itu diri kamu sendiri, jadi kamu harus berani untuk menjalani hidup yang sesuai dengan prinsip hidup yang dipegang, meskipun dengan “risiko” tidak disukai orang lain.

4. Grit : Kekuatan Passion dan Kegigihan

Grit : Kekuatan Passion dan Kegigihan (Instagram.com/gramedia_baligatsu)

Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan merupakan buku karya Angela Duckworth yang memiliki tebal 400 halaman. Buku ini akan membantu kalian dalam mencapai target atau keinginan.

Karena kita tahu orang yang punya bakat alami sering gagal mencapai potensi mereka sementara orang lain yang tidak terlalu berbakat bisa menggapai hal-hal yang menakjubkan.

Angela Duckworth seorang psikolog perintis menunjukkan bahwa rahasia untuk pencapaian yang luar biasa bukanlah bakat, tetapi perpaduan istimewa antara hasrat passion dan kegigihan perseverance yang ia sebut “ketabahan” grit.

Advertisement

5. Bicara Itu Ada Seninya

Bicara Itu Ada Seninya (Instagram.com/mysrh_m2y

Buku Bicara Itu Ada Seninya menjadi Rahasia Komunikasi yang Efektif karya seorang dosen sekaligus pakar komunikasi terkenal di Korea Selatan, komunikasi menjadi salah satu hal yang sangat penting, Oh Su Hyang ini merupakan salah satu buku rekomendasi buat orang-orang yang suka, atau bahkan kurang dalam hal berkomunikasi.

See also  Meningkatkan Rehat yang Berkualitas Dapat Memilih Aktivitas yang Berbeda dari Pekerjaan

Isi dari buku ini berisi mengenai rahasia tentang teknik bicara yang bisa menggetarkan hati para pendengar atau lawan bicaranya seseorang, dengan menata cara bicara dan kalimat yang akan disampaikan. Ada banyak contoh yang diangkat oleh penulis dari dunia nyata, tokoh dan figur publik terkenal baik Dunia dan Korea sendiri.

Kelima rekomendasi buku tersebut semoga bisa membuatmu Level up pada tingkatan yang lebih baik lagi. Pastinya, kamu tidak boleh melewatkan rekomendasi buku tersebut. Selamat membaca, ya.

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *