Connect with us

Edukasi

5 Tahapan Buat Taman Bunga di Halaman Rumah

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Jika kamu punya lahan kosong, membuat taman bunga bisa membuat halaman rumah jadi lebih cantik. Apalagi jika ditanam dengan berbagai warna dan jenis. Untuk menanam serta merawatnya, kamu dapat memulai dengan benih bunga tersebut.

Kamu perlu memperhatikan dan mempelajari jenis bunga tersebut sehingga mengetahui bagaimana cara merawatnya yang benar. Dilansir dari Better Homes & Garden, Kamis (8/2/2024) ada beberapa langkah untuk menanam bunga di taman agar bertumbuh dengan baik dan subur sebagai berikut.

1. Tempat yang Benar, Tanaman yang tepat
Mulailah dengan mengatur tanaman kamu, sehingga berada di tempat di mana mereka akan mendapatkan jenis cahaya yang disukai. Tanaman yang menyukai matahari harus berada di tempat terbuka, tanaman yang membutuhkan naungan harus diletakkan di tempat yang mereka inginkan. beberapa penutup.

Sinar matahari penuh yang dibutuhkan adalah sekitar enam jam atau lebih dari sinar matahari langsung per hari, tidak harus terus menerus. Bagian teduh biasanya berarti empat hingga enam jam sinar matahari per hari, hal ini tergantung dari jenis tanamannya.

Advertisement

Definisi bayangan bervariasi, tergantung pada seberapa dalam bayangan itu sebenarnya. Bayangan belang-belang memberi lebih banyak cahaya daripada bayangan gelap.

2. Menggali Tanah
Taman bunga yang indah dimulai dengan tanah yang bagus. Secara umum, sebagian besar tanaman berbunga tumbuh subur di tanah yang gembur dan memiliki drainase yang baik dengan banyak bahan organik di dalamnya.

kamu tidak perlu menggali area yang luas untuk menanam bunga, tetapi kamu harus menggali cukup tanah sehingga kamu dapat menambahkan beberapa kompos untuk memperbaiki struktur tanah.

Gali tanah hingga kedalaman setidaknya 6 inci. Hindari menggali tanah saat basah untuk mencegah pemadatan. Tanaman membutuhkan sejumlah ruang diantara partikel tanah agar akar dapat tumbuh.

See also  Samsung Pamerkan Inovasi Rollable Flex

Salah satu tes untuk melihat apakah tanah dapat digali adalah dengan menggali sedikit sampel tanah dari lubang berukuran 3 inci. Remas menjadi bola, lalu lemparkan tanah ke permukaan yang keras seperti batu atau trotoar. Jika tanah tetap menyatu, berarti terlalu basah untuk ditanam, tetapi jika pecah, saatnya menanam.

Advertisement

3. Tanam Bunga Baru
Langkah-langkah cara menanam bibit bunga sedikit berbeda dengan tanaman dari pembibitan, jadi ikuti petunjuk pada paket bibit untuk mengetahui seberapa dalam menanam setiap bibit dan seberapa jauh jaraknya. Dengan tanaman taman dalam pot, kamu biasanya harus menanam dengan tanah yang sama tingginya dengan tanah di dalam pot, tetapi baca tag tanaman untuk memastikannya.

Beberapa tanaman berbunga, seperti iris dan peony, lebih menyukai rimpang dan akarnya ditanam sangat dangkal. Saat mengeluarkan tanaman dari pot, sobek perlahan sebagian atau seluruh tanah dari akarnya dan tempatkan tanaman ke dalam lubang yang telah kamu siapkan. Dorong kembali tanah ke dalam lubang, kencangkan dengan lembut sehingga kamu mengembalikan tanah tetapi tidak memadatkannya seluruhnya.

4. Siram dengan Air dan Tambahkan Mulsa
Mulsa sendiri merupakan material penutup tanaman budidaya yang digunakan untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma dan penyakit pada tanaman bunga. Caranya, rendam tanah di sekitar bunga yang baru kamu tanam. Bunga taman umumnya membutuhkan 1 hingga 2 inci kelembaban setiap minggu agar tumbuh dengan baik, jadi sirami jika kamu tidak menerima cukup hujan.

Hindari tanah tergenang air atau akar tanaman berbunga kamu bisa membusuk. Lapisan mulsa seperti parutan kulit kayu di sekitar tanaman baru kamu akan membantu memperlambat penguapan dan mengurangi seberapa sering kamu perlu menyiram.

See also  Ini Tips Tetap Aktif dan Percaya Diri Ala Komedian Hesti

5. Pangkas Tanaman Bunga
Saat tanaman berbunga kamu mulai mekar, silakan memotongnya untuk karangan bunga. Potong kepala bunga yang dihabiskan untuk mendorong tanaman agar memberikan lebih banyak energi ke dedaunan dan kelangsungan hidup.

Advertisement

Demikian 5 langkah mudah membuat taman bunga di halaman rumah. Semoga bermanfaat!

Source: Detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *