Connect with us

Edukasi

6 Kota Paling Jujur di Dunia, Kamu Ingin Mengunjungi yang Mana?

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Salah satu cara untuk mengukur seberapa orang di sebuah kota jujur adalah dengan kembalinya barang-barang yang jatuh di jalan atau hilang kepada pemilik aslinya. Ukuran ini juga digunakan oleh majalah Reader’s Digest AS untuk menyurvei kota terjujur di dunia.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, kota paling jujur di dunia terdapat di negara Skandinavia yakni Finlandia. Tak hanya dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia, ternyata kota di Finlandia juga hampir selalu mengembalikan dompet yang jatuh.

Di Helsinki, Finlandia, 11 dari 12 dompet dikembalikan ke pemiliknya. Angka ini menjadi yang terbaik dari sederet kota-kota di belahan dunia manapun yang disurvei oleh Reader’s Digest.

Lantas kota mana lagi yang terjujur di dunia? berikut daftar lengkapnya dikutip dari India Times.

Advertisement

6 Kota Paling Jujur di Dunia:

1. Helsinki, Finlandia
Helsinki adalah salah satu kota tujuan wisata di Finlandia dengan lanskap laut yang indah. Tidak hanya itu, ibu kota Finlandia ini telah menjadi kota paling jujur di dunia menurut survei yang dilakukan oleh Reader’s Digest.

2. Mumbai, India
Kota kedua dengan kejujuran terbaik yang disurvei menariknya datang dari negara Asia Selatan yakni India. Di kota terbesarnya, yakni Mumbai, banyak daerah kumuh yang menjadi tempat tinggal penduduknya.

Namun, saat dilakukan sebuah eksperimen, nyatanya 9 dari 12 dompet yang hilang dikembalikan ke pemiliknya. Ini membuat Mumbai jadi kota terjujur kedua di dunia.

3. Budapest, Hongaria
Budapest bukan hanya kota yang indah di luarnya namun juga memiliki penduduk dengan hati yang besar dan bersih di dalam. Terbukti delapan dari dua belas dompet yang hilang dikembalikan saat dilakukan eksperimen acak.

Advertisement

4. Kota New York, AS
Dikenal sebagai kota yang tidak pernah tidur, New York adalah wujud metropolitan dengan penduduk yang sangat beragam. Meski begitu, banyak yang kompak terkait dompet yang hilang perlu dikembalikan.

See also  Cek Harga Mobil Listrik BYD Atto 3

Saat dilakukan eksperimen, delapan dari dua belas dompet dikembalikan dengan jujur dalam survei yang dilakukan oleh Reader’s Digest.

5. Moskow, Rusia
Ibu kota Rusia ini dikenal sebagai kota industri, budaya, ilmu pengetahuan, dan pendidikannya. Meski merupakan kota besar dan sibuk, warga Moskow punya waktu untuk mengembalikan dompet yang hilang kepada pemiliknya yang sah.

Hasil survei menunjukkan, di Moskow terdapat pengembalian tujuh dari dua belas dompet yang ditempatkan secara acak di jalan-jalan yang sibuk.

6. Amsterdam, Belanda
Terakhir dalam daftar survei Reader’s Digest ada Ibu kota Belanda yakni Amsterdam. Kota ini dikenal dengan tata letak kota yang indah dengan sistem kanal yang rumit dan rumah-rumah sempit dengan fasad runcing, warisan Zaman Keemasan kota ini pada abad ke-17.

Advertisement

Selain indah kotanya, warganya juga jujur karena mengembalikan tujuh dari dua belas dompet yang jatuh di jalanan.

Nah, itulah sederet kota paling jujur di dunia. Kira-kira sobat ingin mengunjungi yang mana?

Source: Detikcom
Dok: Kota Amsterdam di Belanda (Foto: The Conversation)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *