7 Fakta Menarik Sensus Penduduk 2020 dan Cara Mengikutinya Secara Online

7 Fakta Menarik Sensus Warga 2020 dan Cara Mengikutinya Secara Online

Diposting pada

Aspitaif News -, Sensus pendudukan akan ditunaikan serentak di semua wilayah Indonesia oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Aktifitas rutin tiap-tiap sepuluh tahun sekarang ditunaikan untuk mengetahui Kemajuan hitungan total dan persebaran warga di Indonesia.

dikutip dari bermacam sumber, Aspitaif News – mengumpulkan bermacam fakta menarik mengenai hal penyelenggaraan Sensus Warga 2020 (SP 2020).

1. Dikerjakan juga oleh 54 negara lain

baca juga:

Tahun sekarang Sensus Warga tidak cuma ditunaikan oleh Indonesia saja. Ada kisaran 54 negara lain yang juga melaksanakan sensus pendudukan pada tahun sekarang. Beberapa negara lainnya ialah Amerika Serikat, China, Arab Saudi, Singapura, Thailand, Filipina, Korea Selatan, Jepang dan lainnya.


2. Minimal 10 tahun sekali

Sensus Warga ini didasarkan pada hukum Sensus Warga yang Ada pada UU No.16 tahun 1997, PP No. 51 tahun 1999, dan PP No. 39 tahun 2019. Tidak cuma itu, Sensus Warga ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2019 mengenai hal Taktik Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati. Secara global, PBB juga merekomendasikan untuk melaksanakan Sensus Warga paling tidak 10 tahun sekali.

3. Indonesia telah melaksanakan sebanyak tujuh kali

Indonesia telah melaksanakan Sensus Warga ini sebanyak tujuh kali semenjak kemerdekaan pada tahun 1945. Sensus Warga diawali pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, 2010, sampai 2020 nanti.

4. Untuk menghimpun data

Sensus Warga pada dasarnya ditunaikan untuk mengumpulkan data kependudukan di sebuah negara secara menyeluruh. Kecuali itu, Sensus Warga yang akan ditunaikan pada 2020 nanti juga untuk menyediakan parameter demografi dan proyeksi warga.

5. Dikerjakan selama 1 bulan lebih dengan cara kombinasi

SP 2020 akan mulai dibuka pada hari Sabtu, 15 Februari sampai tanggal 31 Maret 2020. Kalau sebelumnya menggunakan cara manual dengan mendatangi tiap-tiap rumah, sekarang ada cara alternatif. Bagi yang sibuk dan tidak senantiasa Ada di rumah, BPS juga menyediakan sensus secara online. Walaupun nantinya pada Juli 2010 tetap akan ada pihak BPS yang akan mengecek ke rumah-rumah warga.

6. Cara ikut SP 2020 secara online

Yang Penting disiapkan hanyalah Kartu Famili dan KTP, tambahan akta perkawinan/perceraian kalau mempunyai. Kalau telah, buka situs sensus.bps.go.id dengan memasukkan kartu identitas yang dipunyai. Buat kata sandi dan pertanyaan keamanan. seusai selesai masuk kembali dengan kartu identitas dan kata sandi. Saat masuk, baca panduan awal dan jawab semua pertanyaan yang ada. Saat status menujukkan sudah update, maka registrasi selesai dan jangan lupa unduk bukti pengisian Sensus Warga.

7. Lowongan BPS pada April 2020

Untuk menyukseskan SP 2020, BPS akan membuka lowongan petugas di semua wilayah Indonesia. Akan mulai dibuka pada April 2020 nanti, lowongan tersebut sejumlah 390 ribu posisi. Nantinya petugas sensus tersebut akan mendatangi rumah-rumah warga dan melaksanakan Tanya Jawab yang akan ditunaikan pada Juli 2020 yang akan datang. Sebelum bertugas, nantinya para petugas yang sudah diterima akan ditraining bareng khususnya untuk memahami pengisian kuesioner.

Sosialisasi Sensus Warga 2020 dengan tema Menulis Indonesia ini sudah ditunaikan di bermacam wilayah, mulai dari distribusi selebaran sampai pengumuman online. Yuk ikuti SP 2020![]

7 Fakta Menarik Sensus Penduduk 2020 dan Cara Mengikutinya Secara Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *