Connect with us

Edukasi

7 Ilmuan Indonesia Yang Mendunia, Siapa Saja Itu?

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Bangsa Indonesia harus bangga terhadap 7 ilmuwan ini yang penemuannya telah mendunia. Tidak hanya melakukan riset, namun pemikiran dan teknologi yang mereka ciptakan mampu mengubah kesejahteraan umat manusia menjadi lebih baik.

Saat ini, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan penemuan-penemuan sains dari 7 ilmuwan Indonesia mendunia tersebut. Salah satunya adalah teknologi untuk jaringan 4G yang berhasil konsepnya berhasil ditemukan oleh Khoirul Anwar.

Berkatnya, saat ini kita bisa merasakan kemudahan dalam mengakses perangkat teknologi komunikasi yang berbasis internet. Selain penemu 4G LTE ini, siapa lagi ilmuwan Indonesia yang karyanya telah diakui oleh dunia?

Mengutip dari arsip detikedu, berikut nama-nama ilmuwan Indonesia mendunia lainnya beserta teknologi yang berhasil mereka ciptakan. Cari tahu yuk!

Advertisement

7 Ilmuwan Indonesia yang Mendunia:

1. BJ Habibie
Siapa yang tak kenal dengan sosok yang satu ini? Selain sebagai ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak Teknologi, BJ Habibie juga merupakan presiden ke-3 Republik Indonesia. Lulusan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen ini telah menciptakan beberapa karya besar.

Salah satunya adalah pesawat pertama Indonesia yakni N-250 Gatotkaca yang mulai terbang pada tahun 1995. Selain produk teknologi, BJ Habibie terkenal dengan Teori Crack Propagation yang menjadi cara para mekanik mendeteksi kerusakan pada konstruksi pesawat.

2. Khoirul Anwar
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penemu jaringan 4G LTE ini namanya telah dikenal banyak negara. Ia menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) atau yang saat ini dikenal sebagai 4G LTE.

Alumnus Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang ini diakui karyanya setelah konsep FFT menjadi standar International Telecommunication Union (ITU). Selain itu, pria ini mempunyai hak paten atas sistem deteksi illegal transmitter yang memiliki potensi diterapkan pada teknologi 5G.

Advertisement

3. Dr Joe Hin Tjio
Sobat Aspiratif, tahu berapa jumlah kromosom dalam tubuh manusia? Salah satu ilmuwan asal Pekalongan ini merupakan sosok yang berhasil menemukan jumlah kromosom dalam tubuh seseorang. Fakta tersebut membuat kita mengetahui bahwa jumlah kromosom manusia adalah 46 buah atau 23 pasang.

See also  Cara Tingkatkan Value Diri, Apakah Kamu Sudah Mencoba?

Hasil pengamatannya tersebut dipublikasikan di jurnal genetika Hereditas. Sebelumnya, ia melakukan penelitian soal kromosom ini di laboratorium Institute of Genetics of Sweden’s University of Lund.

4. Adi Utarini
Ilmuwan Indonesia satu ini pernah meraih penghargaan Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020 dari jurnal ilmu pengetahuan Nature. Sosok yang memiliki gelar Prof dr Adi Utarini, MSc, MPH, PhD ini pernah memimpin penelitian soal teknologi untuk memberantas demam berdarah.

Penyakit tersebut menyerang hampir 400 juta orang di seluruh dunia per tahunnya. Jasa Prof Adi ini akhirnya mampu mengurangi kasus demam berdarah di Indonesia. Jumlah kasus berhasil menurun hingga 77%, sehingga penelitiannya diakui dunia.

5. Tri Mumpuni
Selain Prof Adi, Tri Mumpuni pun sempat masuk ke dalam 22 Most Influential Muslim Scientists yang diterbitkan oleh Rotl Islamic Strategic Studies Centre. Selain di laboratorium, Tri juga ikut berkontribusi di beberapa kawasan terpencil dalam pengembangan tenaga mikro hidro (PLTMH).

Advertisement

Tri adalah Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA). Institusi tersebut hingga saat ini telah berhasil membangun sebanyak 65 PLTMH di beberapa desa pelosok wilayah Indonesia. Jasanya tersebut berhasil menghidupkan desa-desa yang tak memiliki pemadaman hingga akhirnya terang benderang.

6. Mezak Arnold Ratag
Prof Dr Mezak Arnold Ratag merupakan ilmuwan asal Malang, Jawa Timur yang telah menemukan lebih dari 100 nebula planeter baru. Nama Prof Mezak pun dibadaikan dalam 120 Planetary Nebula Cluster. Pria kelahiran 4 September 1962 ini berhasil mempublikasikan lebih dari 100 karya ilmiah.

7. RM Sedyatmo
RM Sedyatmo merupakan penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal sebagai pondasi cakar ayam. Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil membantu pembangunan landasan pacu Bandara Soekarno Hatta yang menggunakan sistem arsitekturnya.

See also  SIMAK, Alasan Gen Z Mengalami Insecure

Itulah 7 ilmuwan Indonesia yang mendunia. Siapa ilmuwan yang diidolakan?

Source: DetikEdukasi

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *