7-Militan-Abu-Sayyaf-Tewas-Disergap-Pasukan-Pemerintah.jpg

7 Militan Abu Sayyaf Tewas Disergap Pasukan Pemerintah

Diposting pada

7 Militan Abu Sayyaf Tewas Saat Dicegat Pasukan Pemerintah

MANILA – Sebanyak tujuh anggota kelompok militan Abu Sayyaf tewas dalam penyergapan oleh pasukan pemerintah dekat pulau terpencil di provinsi selatan Filipina, Sulu sebelum fajar pada Selasa lalu. Peristiwa itu telah diungkapkan oleh militer Filipina.

Corleto Vinluan, Komandan Komando Mindanao Barat, mengatakan pertempuran itu terjadi sebelum pukul 2 dini hari waktu setempat ketika pasukan patroli mencegat sekelompok teroris yang naik speed boat dekat Pulau Sulare di kota Parang, Sulu.

Ia mengatakan, pasukan melakukan serangan itu setelah memperoleh informasi terkait rencana kelompok teror tersebut akan melakukan aktivitas penculikan di daratan wilayah Mindanao. Tidak bisa dielakkan, baku tembak pun terjadi dan berlangsung sekitar 25 menit.

Komandan militer di lapangan yang merencanakan operasi tersebut, William Gonzales mengatakan, pasukan dari Scout Rangers dan Pasukan Khusus menggunakan helikopter serang dan pesawat serang multi guna untuk mengalahkan teroris.

“Operasi pencarian dan pengambilan sedang berlangsung menggunakan aset udara dan angkatan laut kami di area keterlibatan,” katanya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga :  Perang Suriah Pacu Rusia Sempurnakan Senjata dan Peralatan Militer

Abu Sayyaf yang sudah dinyatakan Filipina sebagai kelompok teroris adalah sebuah kelompok militan yang bermarkas di Filipina selatan. Kelompok ini terlibat dalam pemboman serta penculikan turis dan misionaris Barat untuk tebusan sejak awal 1990-an.

Mereka juga memiliki hubungan dengan militan ISIS yang ingin mendirikan “kekhalifahan” di Asia Tenggara. Sulu, yang jadi lokasi penyergapan, berada di pulau terpencil di selatan Filipina.

Militer Filipina gencar melakukan operasi untuk membebaskan para sandera yang ditahan oleh Abu Sayyaf, termasuk awak kapal kargo asing yang diculik di perairan Sulu. (ber)

7 Militan Abu Sayyaf Tewas Disergap Pasukan Pemerintah

7 Militan Abu Sayyaf Tewas Disergap Pasukan Pemerintah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *