Connect with us

Edukasi

7 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kamu Yang Introvert

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Seorang introvert biasanya akan memilih pekerjaan yang membuat mereka nyaman secara pribadi dan cenderung menghindari banyak orang. Biasanya, seorang introvert lebih suka bekerja maksimal ketika sendiri.

Perlu diketahui, introvert merupakan ciri kepribadian tertentu yang lebih menyukai aktivitas individu dan menghabiskan waktu sendirian dibandingkan dengan bertemu banyak orang.

Meski lebih suka sendiri, dalam pekerjaan orang introvert tetap bisa berpartisipasi secara tim dan menikmati lingkungan sosialnya. Bedanya, setelah selesai bertemu banyak orang, biasanya orang introvert cenderung membutuhkan waktu untuk sendiri.

Nah, dari ciri kepribadian introvert, kira-kira pekerjaan apa yang cocok ya? Berikut ini daftarnya dikutip dari detikcom

Advertisement

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert

1. Penulis
Seperti yang kita tahu, penulis banyak menghabiskan waktu dengan pikiran dan tangannya. Seorang penulis baru akan bertemu beberapa orang ketika akan menerbitkan atau mengunggah tulisannya.

Penulis tidak hanya menulis untuk buku tapi bisa juga dalam bentuk artikel, laporan, teks, dan lainnya. Mereka dapat dipekerjakan oleh perusahaan atau bekerja sebagai pekerja lepas. Selain itu, penulis dapat menyelesaikan pekerjaan dalam kenyamanan rumah mereka.

2. Pustakawan
Beberapa kampus top di Indonesia seperti Universitas Brawijaya dan Universitas Indonesia memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan, yang di mana lulusannya bisa menjadi seorang pustakawan.

Pekerjaan ini sangat penting untuk membantu pengunjung menemukan dan memeriksa buku. Selain itu, pustakawan juga mengurus buku katalog dan terbitan berkala, mengelola anggaran perpustakaan, dan menjaga acara.

Advertisement

Pustakawan bisa menjadi pekerjaan menarik yang cocok untuk introvert karena biasanya bekerja di lingkungan kerja yang tenang seperti perpustakaan, sekolah, dan museum.

3. Desainer Grafis
Banyak pekerja seni digital yang sibuk dengan laptop atau komputer di kamarnya. Mereka biasanya bekerja sebagai seorang desainer grafis.

See also  WAW! Stasiun LRT Jabodetabek Terintegrasi dengan Moda Transportasi Hingga KRL-KA Bandara

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan terlebih di tengah meleknya teknologi dan digital. Menariknya, pekerjaan ini sering dibuka secara remote atau tidak perlu ke kantor jadi bisa kerja di rumah dengan nyaman.

4. Fotografer
Pekerjaan ini kian marak di tengah banyaknya orang menginginkan kualitas foto yang sesuai dengan ciri khas kepribadian mereka. Hal ini tentu menguntungkan bagi para fotografer.

Introvert yang memiliki bakat di bidang fotografi bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai karier karena bisa berkreasi tanpa harus terlibat dengan banyak orang dan keramaian.

Advertisement

Terlebih, bidang fotografi juga luas. Mulai dari bidang seni rupa, jurnalisme, sains, dan lainnya.

5. Ilmuwan Riset
Pernah mempertimbangkan menjadi ilmuwan riset? Mungkin hal ini jarang dilirik, tetapi cocok untuk kamu yang lebih suka mempelajari ilmu sains secara mendalam dibandingkan dengan harus bertemu banyak orang di kantor.

Biasanya, ilmuwan riset bekerja dengan merencanakan dan melaksanakan eksperimen dan investigasi di berbagai bidang. Termasuk penelitian medis, geosains, farmakologi dan meteorologi.

Pekerjaan ini dapat ditemukan di laboratorium untuk pemerintah, lembaga pendidikan, atau organisasi lingkungan.

6. Psikolog
Psikolog bekerja dengan mengamati, menafsirkan, dan merekam bagaimana pasien berhubungan dengan kehidupan mereka melalui proses kognitif, emosional, sosial, dan perilaku. Ini adalah pekerjaan yang bermanfaat bagi para introvert yang berempati.

Advertisement

7. Astronom
Pekerjaan satu ini mungkin sangat langka di Indonesia tapi bukan tak mungkin kamu bisa menjadi salah satunya. Sebab, bidang astronomi semakin maju dan membutuhkan para pakar di bidang ini.

Pada pekerjaan ini, kamu bisa menemukan dan mempelajari benda langit seperti planet, bintang, dan galaksi. Pekerjaan ini bisa pilihan yang cocok untuk para introvert karena mereka sering bekerja dengan tim kecil yang terdiri dari para insinyur dan ilmuwan.

See also  5 Sikap Bahagia Menjalani Hidup sebagai Perempuan 'Single'

Nah, itulah sederet pekerjaan menarik yang cocok untuk introvert dengan berbagai potensinya. Apakah ada yang sobat ingin coba?

Source: Detikcom
Dok: Alodokter

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *