Connect with us

Edukasi

7 Tips Persiapan Lebaran Agar Lebih Kece

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Waktu berlalu begitu cepat, tak terasa sudah melewati pertengahan bulan suci Ramadan. Tinggal menghitung hari menuju kemenangan yaitu hari raya lebaran.

Lebaran merupakan momen penting dan sakral bagi umat muslim di seluruh dunia. Oleh sebab itu, biasanya ada berbagai persiapan untuk menyambut Idulfitri atau hari kemenangan tersebut.

Biasanya, di hari Lebaran, rumah akan kedatangan tamu, baik dari kerabat ataupun keluarga. Untuk itulah, kamu pun perlu menata rumah dengan rapi.

Lalu hal apa saja yg sudah kamu lakukan ?? Berikut tips persiapan lebaran agar lebih kece melansir dari beberapa media :

Advertisement

1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah (Foto: ruparupa.com)

siapa pun yang berkunjung ke rumah saat Idulfitri. Jadi, pastikan kamu membersihkan seluruh sudut rumah dari debu dan kotoran.

2. Mempersiapkan pakaian dan alat ibadah

Mempersiapkan pakaian dan alat ibadah (Foto:Lazada)

Pakaian baru memang bukan sesuatu yang wajib kamu siapkan, tetapi tak ada salahnya jika ingin menggunakan kostum terbaik untuk merayakan Hari Kemenangan ini. Kalau tidak ingin membeli, kamu bisa mencuci dan setrika pakaian lama agar bersih dan tampak baru atau kamu juga bisa memperbarui perlengkapan ibadah buat salat Id, seperti sajadah, sarung, dan mukena.

3. Dekorasi rumah

Dekorasi rumah (Foto: ruparupa.com)

Pada saat lebaran, pasti banyak keluarga jauh dan saudara yang saling berkunjung. Untuk itulah, sebaiknya kamu memperbarui tampilan rumah dengan dekorasi ulang.

Kamu bisa mempersiapkan kursi atau karpet tambahan buat tempat duduk. Selain itu, manfaatkan penggunaan hiasan dekoratif, seperti lukisan dan cermin dinding biar rumah terlihat estetik.

4. Masak makanan khas lebaran

Masak makanan khas lebaran (Foto: DetikFood)

Silaturahmi pas Idulfitri tak bisa dipisahkan dari aktivitas makan bersama. Pastikan porsi masakan yang kamu buat lebih banyak pada saat Lebaran agar bisa menyuguhkan hidangan ini kepada keluarga.

Advertisement

5. Menyiapkan kue lebaran

Menyiapkan kue lebaran (Foto: Fimela)


Persiapkan aneka kue kering, jajanan jadul, hingga camilan untuk para tamu yang datang ke rumah. Kamu dapat membuat sendiri kue lebaran, atau beli langsung di toko kue dan online shop.
See also  Mengenal Perbedaan ASN, PNS, dan PPPK

6. Menyediakan THR

Menyiapkan kue lebaran (Foto: Bangkapos)

Hari Raya Idul Fitri identik dengan tradisi memberikan tunjangan hari raya (THR). Bagi kamu yang sudah bekerja, enggak ada salahnya menyisihkan THR yang kamu peroleh untuk sanak saudara terutama keponakan yang masih kecil. Selain akan membuat mereka bahagia, THR yang kamu bagikan bernilai sedekah dengan pahala yang tinggi. Karena, dalam Islam sangat diutamakan bersedekah kepada anggota keluarga terlebih dahulu.

7. Siapkan koleksi alat makan

Menyiapkan koleksi alat makan (Foto: Shopee)

Setelah menyiapkan berbagai macam hidangan, kamu juga perlu memikirkan tentang peralatan makan. Berapa banyak peralatan makan yang kamu punya? Apakah cukup untuk para tamu yang akan hadir?

Memang, kamu dapat segera mencuci peralatan makan yang telah terpakai agar bisa digunakan kembali. Namun, jangan sampai karena peralatan makan yang terbatas, kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencuci piring, ya!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *