Ada Sentimen Eksternal, IHSH Ditutup Anjlok 1,25% – Aspiratif News

Views: 7
Read Time:2 Minute, 27 Second

Ada Sentimen Eksternal, IHSH Ditutup Anjlok 1,25% – Aspiratif News

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah ke zona merah pada perdagangan Kamis (18/06).

Pada penutupan pukul 16.00 WIB, pergerakan IHSG anjlok 1,25% atau 62,53 poin ke level 4.925,25. Sejauh perdagangan, IHSG kebanyakan bergerak di zona merah. Sempat beberapa kali naik, akan tetapi turun lagi bahkan Menjelang penutupan.

Pergerakan IHSG sepertinya tidak dipengaruhi keputusan taktik Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) jadi 4,25%. Pengamat ekonomi dari Indef, Bhima Yudhistira, menilai kondisi ini masih berhubungan dengan ketegangan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok pascapenandatangan Undang-Undang Uighur.

“Sentimen eksternal tampak lebih dominan dibandingkan efek penurunan suku bunga acuan,” kata Bhima waktu dihubungi Kamis (18/6).

Baca juga: Tahun Depan, Wajib Ada Reformasi Keputusan taktik Fiskal

Belum lagi, lanjut dia, Tiongkok tengah terlibat konflik tapal batas dengan India. Penurunan beberapa bagian Turut berkontribusi untuk pelemahan IHSG. Seperti, daya-kerja industri dasar yang turun 3,63%, serta ragam industri yang melemah 2,4%.

READ  Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama - Aspiratif News

Sementara itu, pasar Asia bergerak cukup variatif. Daya-kerja bursa saham Nikei turun 0,45%, Hangseng turun tipis 0,07% dan Strait times Singapura terkoreksi 0,15%.

“Jikalau ada reaksi pasar di dalam negeri, saya pikir lebih berhubungan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal II 2020 yang minus 3,1%. Investor coba untuk melakukan penyesuaian portfolionya,” pungkas Bhima.(OL-11)

 

 


Ada Sentimen Eksternal, IHSH Ditutup Anjlok 1,25% – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *