Connect with us

Sport

AFC Umumkan Klub Indonesia Dapat 3 Slot Kompetisi Asia 2023/2024

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) mengumumkan bahwa klub Indonesia mendapat tiga slot untuk kompetisi Asia 2023/2024, yakni untuk playoff Liga Champions Asia, fase penyisihan grup Piala AFC, dan playoff Piala AFC.

“PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC,” demikian pernyataan tertulis Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus, Senin.

Selanjutnya, Ferry menjelaskan bahwa dari informasi yang didapat PSSI, untuk slot peserta playoff Liga Champions Asia akan diwakili pemenang pertandingan playoff juara Liga 1 2021/2022 yakni Bali United melawan juara Liga 1 2022/2023 PSM Makassar.

“Tim yang kalah dari playoff, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup,” kata Ferry menambahkan.

Advertisement

Khusus untuk slot ketiga atau tim yang akan mewakili Indonesia pada fase playoff Piala AFC,akan diserahkan kepada klub peringkat kedua Liga 1 2022/2023. Dengan demikian untuk posisi tersebut tidak akan dilakukan pertandingan playoff lagi.

Sementara itu, untuk penetapan kriteria wakil bagi tiap negara pada kuota slot yang ditentukan, AFC memberikan kebebasan penuh kepada federasi negara yang bersangkutan. Dalam hal ini, teknis pemilihan klub yang mewakili negara di kompetisi Asia diserahkan kepada masing-masing negara berdasarkan Entry Manual for AFC Club Competitions.

Sebagai gambaran, negara tetangga Thailand juga melakukan hal yang sama. Untuk kuota klub-klub pada kompetisi Asia 2023/2024, mereka juga melakukan playoff di dalam negeri.

“Jadi dalam hal ini, apa yang sudah ditentukan PSSI ini sudah diketahui oleh AFC. Mereka tinggal menunggu hasil akhirnya nanti,” tutup Ferry.

Source: antaranews
Dok : Sindonews

Advertisement

See also  Tim Panahan Indonesia Regu Putra Raih Medali Perunggu Recurve
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *