Connect with us

Bisnis

AI Sudah Digunakan Perusahaan Swasta dalam Proses Rekrutmen

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan kini mulai digunakan oleh berbagai perusahaan untuk proses rekrutmen pekerja mereka. Salah satunya adalah perusahaan asuransi AIA Financial yang menggunakan AI dalam proses rekrutmen agen.

Direktur Keagenan AIA Indonesia, Kevin Kwon mengatakan pemanfaatan teknologi tersebut untuk membantu para recruiter dalam menilai kualitas kandidat pekerja dalam tahap seleksi awal dengan sistem yang lebih efisien. Selain itu, juga sebagai upaya menyediakan penilaian yang lebih objektif melalui pemanfaatan AI.

“AIA Indonesia berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah kami, dan kami meyakini bahwa untuk memberikan layanan terbaik dibutuhkan agen asuransi yang berkualitas, sebagai mitra terpercaya bagi nasabah,” ujarnya dalam siaran pers, dikutip Selasa (12/11/2023).

Selain itu, penggunaan AI dalam sistem perekrutan juga memberikan manfaat bagi kedua pihak. Dari segi fleksibilitas dan efisiensi waktu, kandidat tidak perlu lagi menjadwalkan pertemuan dengan recruiter. Kandidat cukup mengakses dan registrasi melalui platform iRecruit.

Advertisement

Setelah terdaftar kandidat dapat memulai interview online dengan AI dari mana saja dan kapan saja. Wawancara yang direkam hanya akan memakan waktu beberapa menit untuk diselesaikan para kandidat.

Sejalan dengan visi AIA untuk melahirkan agen asuransi yang memberi solusi, sistem AI yang digunakan sudah dilengkapi dengan matriks penilaian yang teruji dan komprehensif. Hal ini memastikan bahwa setiap kandidat yang diwawancara oleh AI telah melewati quality control yang sesuai dengan standar tinggi AIA.

“Inisiatif ini juga menjadi salah satu upaya AIA untuk mewujudkan pelayanan dengan kualitas tertinggi untuk para nasabah, dengan pemanfaatan teknologi. Agen asuransi yang sudah melewati seleksi AI dan recruiter akan siap membantu jutaan keluarga Indonesia dalam segala kebutuhan asuransi mereka,” jelasnya.

See also  IKN Memiliki Peluang Investasi Terbaik di Indonesia

Sebelumnya, pemanfaatan AI ini sudah pernah dilakukan di HDan Kong. Sebanyak 80% dari agen asuransi baru di AIA Hong Kong telah direkrut melalui sistem tes dan wawancara yang dibantu AI pada tahun 2022. Indonesia sendiri akan menjadi negara kedua yang akan melakukan penerapan penuh AI Interview.

Source: detik.com
Dok: Ilustrasi Artificial Intelligence (AI) (Foto: infokomputer.grid.id)

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *