Aksi-Kekerasan-FPI-702x459-1-696x455.jpg

Aksi Aksi kekerasan yang dilakukan FPI

Diposting pada

Front Pembela Islam (FPI) adalah ormas Islam yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1998 bertepatan dengan 24 R. Tsani 1419 H, di Pondok Pesantren Al Umm kampung Utan Jakarta Selatan, walau mengusung Aqidah Ahlussunnah wal Jam’ah uniknya konsep Ahlussunah Waljama’ah FPI cenderung lebih condong pada konsep Ahlussunah Wal Jama’ahnya kelompok salafi.

Hal ini menjadi penyebab utama kenapa FPI banyak sekali melakukan Aksi-Aksi kekerasan dalam menjalankan misi nahi munkarnya, sebuah prilaku yang kemudian melahirkan rangkaian kemungkaran baru.

Kecenderungan FPI pada “manhaj” salafi dalam hal nahi munkar ini dibuktikan dengan bergabungnya FPI dengan Forum Komunikasi Ahlussunnah Wal Jam’aah (FKAWJ) pimpinan Ja’far Umar Thalib pendiri dan pemimpin lasykar Jihad.

Dalam perjalanannya FPI kemudian menjelma menjadi Ormas islam yang sering melakukan aksi-aski kekerasan yang menimbulkan berbagai kerugian, dalam hitungan tahun saja aksi-aksi kekerasan FPi sangat banyak, bahkan dalam catatan kepolisian sebagaimana diwartakan oleh Contan.co.id bahwa dalam kurun waktu 2007 – 2010 FPI tercatat melalukan aksi-aksi kekerasan sampai 107 kali.

Baca Juga :  Jokowi: Kita Segera Melangkah Recovery, Vaksin COVID Tiba di Awal Desember

Sebuah cacatan yang sangat menghawatirkan bagi kedamaian dan ketertiban bangsa, dari sekian banyak aksi kekerasan itu ada beberapa perisitiwa Aksi kekerasan FPI yang layak di ingat sebagai bahan renungan dan telaah Bersama betapa berbahayanya organisasi ini bagi kebhinekaan, diantara aksi-aksi kekerasan tersebut adalah:

1. Sekitar 500 massa FPI melakukan serangan ke Kantor Komans HAM pada 23 Juni 2000, masa FPI melakukan pengrusakan dengan memecahkan kaca dan merusak meja yang ada di kantor Komnas Ham tersebut.

2. Kelompok FPI bentrok dengan warga Sukorejo Kendal Jawa Tengah 8 juli 2003 menyebabkan seorang ibu-ibu yang sedang mengendarai motor tewas tertabrak mobil Avanza angota FPI

3. Aksi-aksi kekerasan dan pengrusakan rumah pribadi maupun masjid yang dilakukan oleh FPI pada Jemaah Ahmadiyah di berbagai daerah semenjak 2002-2013 yang mencapai sekitar 33 kasus kekerasan dan persekusi.

4. Penyerangan FPI terhadap Massa Partai Persatuan Pembebasan Rakyat Nasional PAPERNAS, di JL. Sudirman pada 29 Maret 2007, mendapat serangan bebatuan massa Papernas yang mayoritas Ibu-Ibu itu kabur.

Baca Juga :  Edhy Prabowo Ditangkap, KKP Setop Sementara Ekspor Benur

5. Kekerasan yang dilakukan FPI kepada Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama (AKKBB) ketika sedang memperingati hari lahir Pancasila 1 Juli 2008 di Monas, peristiwa itu menyebabkan beberapa orang mengalami luka-luka dan dibawah ke Rumah Sakit.

6. Pada 8 Agustus 2011 Massa FPI melakukan pengrusakan terhadap warung Coto Makassar yang buka pada siang bulan Ramadhan.

7. Pada 12 Agustus 2013 anggota FPI melakukan penganiayaan terhadap warga di sebuah tempat penyewaan Play Station, buntut peristiwa ini terjadi adu bacok antara anggauta FPI dan warga Desa Kandang Semangkon Lamongan Jawa Timur.

8. Sweeping FPI terhadap rumah yang diduga tempat prostitusi di Pamekasan Madura membuat warga tersinggung dan akhirnya terjadi bentrok, 10 warga dilaporkan menjadi korban.

Masih banyak peritiwa kelam FPI yang menunjukkan bahwa jikapun benar tujuan mereka adalah nahi munkar maka jelas bahwa nahi munkar yang mereka usung bukanlah tipe nahi munkar yang dikonsepkan oleh al Imam Al Ghozali yang merupakan ulama panutan Ahlussunnah Wal Jam’ah.

Baca Juga :  Buntut Perpecahan di Partai Republik, Puluhan Mantan Petinggi Ingin Bentuk Partai Baru

Dalam konsep Al Ghozali, nahi munkar memiliki lima tahapan dan harus dilakukan secara berurutan tidak boleh langsung tahapan akhir sebelum melewati sebelumnya, lima tahapan itu adalah 1. Memberi tahu 2. Menasehati 3. Mencela 4. Mencegah dengan paksa (tanpa kekerasan) 5. Mencegah dengan kekerasan (ini hanya boleh dilakukan oleh aparat pemerintah.

Dari uraian di atas maka Nampak sekali bahwa manhaj FPI cenderung seirama dengan kelompok islam garis keras.

Wallau a’lam

Abdul Hadi
Sumber: https://carubannusantara.or.id/aksi-aksi-kekerasan-yang-dilakukan-fpi/

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *