Al-Hashd-al-Shaabi-Kirkuk-Aman-Usai-AS-Angkat-Kaki-dari-Provinsi.jpg
Berita

Al-Hashd al-Shaabi: Kirkuk Aman Usai AS Angkat Kaki dari Provinsi Itu

Baghdad,Warta Batavia-Staf Humas al-Hashd al-Shaabi di utara Irak, Ali al-Husaini mengabarkan bahwa Provinsi Kirkuk telah steril dari anggota asing ISIS.

Kepada al-Maalomah, al-Husaini mengatakan bahwa sejak Tentara AS angkat kaki dari Kirkuk, keamanan dan stabilitas meningkat secara signifikan hingga 95 persen. Di lain pihak, di mana pun ada Tentara AS, maka problem keamanan pun akan muncul di daerah itu.

“Setelah Tentara AS angkat kaki, para teroris asing ISIS juga bersembunyi. Dalam beberapa bulan terakhir, tidak ada jejak dari mereka saat sejumlah operasi sterilisasi dilancarkan. Ini menunjukkan pengaruh positif keluarnya Tentara AS pada situasi keamanan Irak,”imbuhnya.

Menurutnya, pasca keluarnya Tentara AS, level keamanan bukan hanya meningkat di Kirkuk saja, tapi juga di Provinsi Salahudin.

Koalisi AS pada tanggal 29 Maret lalu mengumumkan, pasukannya akan keluar dari pangkalan udara Kirkuk dan menyerahkan perlengkapan pangkalan itu kepada aparat keamanan Irak. Sepekan sebelumnya, pasukan Koalisi AS juga telah angkat kaki dari pangkalan al-Qayarah di Provinsi Nineveh.

Baca Juga :  Jokowi: Kita Segera Melangkah Recovery, Vaksin COVID Tiba di Awal Desember

Al-Hashd al-Shaabi kerap menyebut AS sebagai biang keladi ketidakamanan di Irak. Anggota Kantor Politik Ashaib Ahl a-Haq, Mahmud al-Rabii pada hari Senin kemarin juga menyatakan, serangan roket ke Kedubes AS di Zona Hijau Baghdad adalah pekerjaan orang-orang AS sendiri. (af/alalam)

Baca Juga:

Jerussalem Post Laporkan Kapan Saudi akan Umumkan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Haul Jenderal Soleimani, Akan Terjadi “Pergerakan Militer Penting” di Irak

link sumber

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *