Al-Shaabi-‘Negara-Bagian-Dajlah-yang-Diklaim-ISIS-Sudah-Musnah.jpg

Al-Shaabi: ‘Negara Bagian Dajlah’ yang Diklaim ISIS Sudah Musnah

Diposting pada

Baghdad,Warta Batavia-Staf Humas al-Hashd al-Shaabi di kawasan utara, Ali al-Husaini mengabarkan bahwa apa yang disebut “Negara Bagian Dajlah” sudah tamat riwayatnya.

Ia menjelaskan, anasir Negara Bagian Dajlah ini berposisi di kawasan antara Salahudin dan Kirkuk. Al-Husaini menegaskan, usia kelompok ini sudah berakhir menyusul tiga pukulan telak dari Pasukan Keamanan Irak serta terbunuhnya semua komandan kelompok ini dalam sebuah operasi militer.

Demi pamer kekuatan, kelompok teroris ISIS pada tahun 2014 lalu menamakan kawasan-kawasan di Salahudin dan Kirkuk sebagai “Negara Bagian Dajlah.” Namun tak lama berselang, ISIS ditumpas dan anasirnya hanya berkeliaran secara acak di beberapa kawasan dan lembah.

Sementara itu, , anggota Komisi Keamanan dan Pertahanan Parlemen Irak, Karim Ulyawi mengatakan, al-Hashd al-Shaabi harus tetap dipertahankan di kawasan-kawasan yang sudah dibebaskan dari teroris.

Ulyawi mengatakan kepada al-Maalomah, sebagian politisi Irak menuntut agar al-Hashd al-Shaabi angkat kaki dari kawasan Nineveh dan Salahudin. Dia menilai, tuntutan semacam ini menunjukkan bahwa mereka tidak merasa bertanggung jawab atas keamanan di kawasan-kawasan tersebut.

Baca Juga :  Ini Kata Edhy Prabowo Usai Jalani Pemeriksaan Perdana Selaku Tersangka

Ia menegaskan, potensi bahaya penyusupan anasir ISIS ke kawasan-kawasan itu masih ada. Sebab, ada sejumlah daerah yang berdekatan dengan kawasan gurun dan sulit dilewati.

Legislator Irak ini menyatakan, realita yang ada berlawanan dengan statemen para politisi tersebut, sebab para penduduk di kawasan-kawasan ini menghendaki kehadiran al-Hashd al-Shaabi.

Menurut Ulyawi, keberadaan al-Hashd al-Shaabi akan memberikan rasa aman kepada penduduk, sebab pejuang relawan ini akan mencegah masuknya anasir ISIS.

Ia berpendapat, tuntutan agar al-Hashd al-Shaabi pergi dari kawasan itu didasari rencana jahat pihak asing, juga tujuan-tujuan politis terkait pemilu. (af/fars)

Baca Juga:

Menhan Israel Minta Militer AS Terus Menekan Iran

42 Teroris ISIS Tewas Digempur Pasukan Irak

 

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *