AP-Israel-Lancarkan-Serangan-ke-Suriah-Timur-dengan-Bantuan-Intelijen.jpg

AP: Israel Lancarkan Serangan ke Suriah Timur dengan Bantuan Intelijen AS

Diposting pada

AP: Israel Lancarkan Serangan ke Suriah Timur dengan Bantuan Intelijen AS

Damaskus, Warta Batavia –  Kantor berita Associated Press (AP) melaporkan bahwa serangan besar Israel ke wilayah timur Suriah pada dini hari Rabu (13/1) dilancarkan dengan bantuan intelijen Amerika Serikat (AS).

Serangan itu dilancarkan oleh Angkatan Udara Israel di wilayah provinsi Deir Ezzir pada sekitar pukul 1.10 dan menyebabkan serangkaian ledakan yang terdengar di berbagai daerah di kawasan tersebut.

“Seorang pejabat senior intelijen AS yang mengetahui serangan itu mengatakan kepada AP bahwa serangan udara itu dilakukan dengan (laporan) intelijen yang disediakan oleh AS – suatu insiden langka kerjasama yang dipublikasikan antara kedua negara mengenai pemilihan target di Suriah,” ungkap AP.

“Pejabat itu mengatakan serangan itu menyasar serangkaian gudang di jalur pipa di Suriah yang digunakan untuk menyimpan dan memasang senjata Iran,” lanjutnya.

Pejabat AS yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan kepada surat kabar bahwa serangan itu direncanakan dalam pertemuan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan Yossi Cohen, kepala dinas rahasia Israel, Mossad, di Washington, AS,  Senin lalu.

Baca Juga :  Mengantisipasi Serangan Balik Islam Politik

Ada klaim bahwa serangan itu ditujukan terhadap pasukan dan kelompok-kelompok pejuang yang didukung Iran di Deir Ezzor, namun sumber militer Suriah menyatakan kepada Al-Alam bahwa korban tewas yang jatuh akibat serangan itu hanya dari pihak tentara Suriah tanpa ada korban dari pihak Iran maupun kelompok-kelompok pejuang yang didukungnya.

Disebutkan bahwa korban tewas dan luka jatuh tepatnya di gedung keamanan militer kawasan Atzi di kota Deir Ezzor karena telah dikepung sebelum dibom.

Sumber itu menambahkan bahwa serangan itu menggugurkan dua tentara Suriah dan melukai 14 lainnya serta menimbulkan kerusakan materi. (mm/amn/alalam)

Baca juga:

[Berita Gambar] Israel Melakukan Hampir 20 Serangan Udara Di Suriah

Sesama Teroris, ISIS dan HTS Bertempur Dekat Perbatasan Suriah-Turki

AP: Israel Lancarkan Serangan ke Suriah Timur dengan Bantuan Intelijen AS

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *