AS Kritik Latihan Angkatan bersenjata Tiongkok di Laut China Selatan – Aspiratif News

Views: 22
Read Time:2 Minute, 26 Second

AS Kritik Latihan Angkatan bersenjata Tiongkok di Laut China Selatan – Aspiratif News

DEPARTEMEN Pertahanan Amerika Serikat (AS) Menyatakan keprihatinan terkait latihan angkatan bersenjata Tiongkok di Laut China Selatan. Pentagon menerangkan langkah itu akan kian mengguncang situasi di perairan yang disengketakan.

“Melakukan latihan angkatan bersenjata di wilayah yang disengketakan, di Laut China Selatan, kontraproduktif dengan usaha meredakan ketegangan dan menjaga stabilitas,” ujar Pentagon dalam sebuah pernyataan, Kamis (2/7).

Beijing Mengumumkan pada Minggu lalu, mereka telah merencanakan 5 hari latihan mulai 1 Juli di dekat Kepulauan Paracel, yang diklaim oleh Vietnam dan Tiongkok.

“Latihan angkatan bersenjata ialah yang teranyar dari serangkaian tindakan RRT untuk menjelaskan dengan tegas klaim-klaim maritim yang menabrak hukum dan merugikan tetangga-tetangga Asia Tenggara di Laut China Selatan,” kata Pentagon.

Baca juga:  AS Jual 34 Drone untuk Intai Laut China Selatan

Amerika Serikat menuding Tiongkok melakukan Aksi angkatan bersenjata Laut China Selatan dan berusaha mengintimidasi tetangga-tetangga Asia yang ingin mengeksploitasi cadangan minyak dan gasnya yang luas.

READ  Program Khatam Alquran Jurus Rutan Salemba Bina Napi

Tiongkok mengakui 90% dari Laut China Selatan yang berkemungkinan kaya energi, tetapi Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam juga mengakui bagian-bagiannya.

Kecuali kaya sumber daya alam, Laut China Selatan Ialah jalur strategis. Nilai perdagangan yang melewati wilayah perairan ini mencapai US$3 triliun (kisaran Rp43,470 triliun) tiap-tiap tahun.(CNA/OL-5)

READ

Kampanye Unik Anti-Covid-19 Ala Ganjar Pranowo


AS Kritik Latihan Angkatan bersenjata Tiongkok di Laut China Selatan – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *