Connect with us

Edukasi

6 Cara Atasi Kulit Wajah Kering Menggunakan Skincare

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Kulit kering merupakan masalah kecantikan yang dapat memicu kerusakan kulit lainnya, salah satunya kulit wajah yang mudah iritasi dan berjerawat.

Untuk mengatasi kulit kering, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan agar kelembapan kulit tetap terjaga, dikutip dari keterangan pers jenama skincare Aqua+ Series, Kamis.

Pertama, gunakan sabun pembersih wajah yang cocok dengan kulit kering. Pilihlah sabun pencuci wajah berbahan aktif alami agar dapat membersihkan wajah dengan maksimal tanpa mengangkat semua minyak alami pada kulit dan mengurangi risiko iritasi pada kulit kering,

Kedua, gunakan toner yang dapat menghidrasi wajah. Mencuci wajah memang baik untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel, tetapi, juga bisa mengangkat minyak alami kulit sehingga wajah menjadi kering dan terasa kencang usai mencuci wajah.

Advertisement

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, aplikasikan toner pada wajah. Pilihlah hydrating toner ringan yang dapat membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati pada wajah serta mengontrol minyak berlebih hingga berbagai penyebab jerawat lainnya tanpa mengurangi kelembapan alami kulit.

Ketiga, gunakan essence pada kulit wajah. Pilihlah essence yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit wajah dengan teknologi dan formulasi canggih yang dapat memberikan kelembapan efektif, sehingga kulit menjadi halus dan lembut.

Keempat, gunakan sheet mask atau masker lembaran. Masker jenis ini berfungsi untuk menghidrasi, menghaluskan, dan membuat kulit jadi lebih kenyal.

Namun, ada sejumlah produk sheet mask yang memiliki kandungan alkohol tinggi dan dapat memberikan efek panas saat pemakaian sehingga tidak disarankan untuk orang dengan kondisi kulit kering. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sheet mask, pastikan masker yang akan digunakan tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali agar kulit tetap lembap.

See also  BPS: Indonesia Impor Barang dari Israel Nilainya 262 M

Kelima, pakailah serum atau ampoule pada kulit wajah. Meskipun terlihat mirip, keduanya merupakan produk perawatan kulit yang berbeda sesuai kegunaannya.

Advertisement

Serum adalah produk perawatan kulit dengan bahan konsentrat aktif yang dapat mengatasi masalah kulit secara spesifik. Misalnya, kulit kusam, bekas jerawat, tanda-tanda penuaan, hingga kulit kering.

Lain halnya dengan ampoule, yakni produk perawatan kulit dengan kandungan konsentrat aktif yang lebih tinggi dan biasanya hanya digunakan saat kulit benar-benar sedang membutuhkannya, seperti kulit yang sangat kering karena begadang semalaman.

Walaupun keduanya berbeda, baik serum maupun ampoule tetap dapat digunakan secara bersamaan setelah memakai masker atau essence dan sebelum memakai pelembap.

Terakhir, kunci kelembapan wajah dengan pelembap. Tidak hanya melindungi lapisan terluar kulit, pelembap juga berfungsi untuk mengunci semua produk skincare yang sebelumnya dipakai agar bisa menghidrasi kulit lebih maksimal.

Pelembap juga dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi atau berjerawat karena terlalu kering. Khusus orang dengan jenis kulit yang kering, gunakan pelembap berbentuk krim dan memiliki tekstur yang lebih kental untuk mengembalikan minyak alami pada wajah yang hilang dan menghaluskan kulit yang mengelupas.

Advertisement

Source: antaranews
Dok: halodoc

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *