Kategori
Berita

Ayatullah Khamenei: Jika Iran Ingin Membuat Bom Nuklir, Siapapun Tak Dapat Mencegahnya

Teheran, Warta Batavia –  Pemimpin Besar Islam Ayatullah Seyid Ali Khamenei menegaskan bahwa seandainya Iran berkeinginan membuat senjata nuklir maka siapapun, termasuk Rezim Zionis Israel, tak akan dapat mencegahnya.

Dalam kata sambutannya pada pertemuan dengan anggota Dewan Ahli di Teheran, Senin malam (22/2), Ayatullah Khamenei mengatakan bahwa retorika AS dan Troika Eropa mengenai Iran belakangan ini arogan dan tak fair sehingga hanya akan “menambah kebencian bangsa Iran” terhadap mereka, dan Iranpun tak akan mengubah kebijakannya dalam masalah nuklir.

“Iran tak akan mundur dari sikap logisnya dalam urusan nuklir. Iran akan tetap melangkah maju untuk apa yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan negara, bahkan untuk pengayaan uranium hingga 60 persen jika dirasa perlu,” ungkapnya.

Dia mengatakan, “Kami sudah bertekad memiliki energi nuklir yang sesuai dengan kebutuhan negara, dan pada gilirannya tak akan ada pembatasan 20% persen di Iran. Kita bekerja sesuai kebutuhan negara. Contohnya, bisa saja kita memperkaya uranium 60% untuk mesin propulsi nuklir maupun untuk aktivitas lain.”

Ayatullah Khamenei memastikan Iran akan mematuhi perjanjian nuklir jika pihak lain juga mematuhinya.

“Negara-negara Barat mengetahui dengan baik bahwa Iran tak berusaha memperoleh senjata nuklir… Isu mengenai senjata nuklir hanyalah dalih belaka, dan musuh bahkan menentang kepemilikan kita atas senjata konvensional karena mereka memang ingin melucuti kita dari elemen kekuatan,” terangnya.

Ayatullah Khamenei lantas menekankan bahwa seandainya Iran memang bermaksud membuat senjata nuklir maka tak ada satupun negara dan kekuatan yang dapat menghadangnya.

“Badut Zionis (Israel) harus tahu bahwa jika Iran berkeinginan memiliki senjata nuklir maka ia maupun yang lebih besar darinya tak akan dapat mencegahnya. Apa yang mencegah kami dari membuat senjata nuklir hanyalah prinsip-prinsip keislaman yang melarang pembuatan senjata pemusnah massal, baik nuklir maupun kimia,” tegasnya.

Pemimpin Besar Iran menjelaskan bahwa stasiun-stasiun energi nuklir Iran akan menjadi salah satu sumber energi terpenting di masa mendatang melalui penyediaan bahan energi yang lebih aman, bersih, dan murah, dan karena itulah Iran memandang pengayaan uranium sebagai kebutuhan besar. (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Bantah Terlibat Pembicaraan Langsung dengan AS

Menlu Iran: Saudi Tak akan Bisa Menang dalam Perang

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *