5f0540d550ab2.jpg

Banjir Kalsel, Jokowi Perintahkan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kapolri Kirim Bantuan Secepatnya

Diposting pada

Presiden Joko Widodo mengaku telah mendapat laporan dari Gubernur Sahbirin Noor mengenai banjir yang melanda wilayah Kalimantan Selatan.

Atas laporan itu, Jokowi sudah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), Panglima TNI, hingga Kapolri untuk secepatnya mengirimkan bantuan.

“Terutama yang berkaitan dengan perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/1/2021).

Atas terjadinya peristiwa ini, Jokowi mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Ia menyebut, dengan meningkatnya curah hujan yang cukup ekstrem bulan ini, rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

“Dan perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG,” ujarnya. 

Jokowi pun mengaku dirinya akan terus memantau perkembangan bencana di Tanah Air, baik banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, hingga gempa di Majene Sulawesi Barat.

“Dan kita ingin baik pemerintah daerah, pemerintah pusat, selalu hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana ini,” kata dia.

Diberitakan, banjir melanda hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan akibat tingginya intensitas hujan selama beberapa hari terakhir.

Baca Juga :  Panglima: Presiden Minta TNI-Polri Dukung Iklim Investasi

Gubernur Kalimantan Selatan pun telah menaikkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat.

“Sehubungan hal tersebut, saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel dengan ini menyatakan bahwa kejadian yang dimaksud bencana alam menerapkan status siaga,” ujar Sahbirin Noor dalam keterangan yang diterima, Jumat.

“Untuk darurat bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang menjadi status tanggap darurat,” tambah dia. [kompas.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *