Ansarullah-Pastikan-akan-Terus-Menyerang-Saudi.jpg

Bantah Klaim Bantuan AS, Ansarullah Sebut Barat Justru “Ingin Mencabut Oksigen dari Yaman”

Diposting pada

Sanaa, Warta Batavia – Juru bicara gerakan Ansarullah Yaman yang berkuasa di Sanaa, ibu kota Yaman, Mohammad Abdul Salam, dengan tegas menolak klaim Washington untuk membantu Amerika Serikat kepada rakyat Yaman.

Dikutip Tekan TVPada Jumat (2/4), Abdul-Salam di Twitter Kamis lalu menyebut pernyataan itu konyol, karena belum lagi bantuan, Amerika Serikat dan sekutunya ingin menarik oksigen Yaman jika bisa.

“Mereka memerangi sebuah negara, mengepungnya dan menahan segala sesuatu darinya, bahkan oksigen, jika mereka mampu melakukannya, dan kemudian dengan bodohnya (mereka mengklaim) bahwa mereka membantu negara ini,” katanya.

Abdul Salam menekankan bahwa Amerika Serikat dan mereka yang bertanggung jawab atas perang di Yaman harus meninggalkan Yaman agar negara Arab ini dapat mengatur urusannya dengan bangga dan bermartabat.

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya telah banyak terlibat dalam agresi militer pimpinan Saudi terhadap Yaman sejak Maret 2015, terutama dalam bentuk pasokan senjata dan peralatan tempur.

Agresi itu sendiri dimaksudkan untuk menghancurkan Ansarullah dan mengembalikan pemerintahan buronan Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi yang merupakan sekutu Saudi, namun sejauh ini belum ada tanda-tanda bahwa tujuan tersebut akan berhasil. Di sisi lain, Saudi dan sekutunya berada di bawah tekanan besar dari perlawanan sengit pasukan Ansarullah yang didukung oleh tentara Yaman.

Baca Juga :  Jokowi: Pemerintah Kerahkan Seluruh Sumber Daya untuk Atasi Pandemi Covid-19

Dalam komitmen tingkat tinggi untuk krisis kemanusiaan di Yaman bulan lalu, Amerika Serikat mengumumkan hampir $ 191 juta bantuan kemanusiaan tambahan.

Menteri Luar Negeri Anthony Blinken mengatakan bahwa secara total Amerika Serikat telah menyediakan lebih dari $ 3,4 miliar untuk meringankan penderitaan rakyat Yaman sejak krisis dimulai enam tahun lalu. (mm / presstv)

Baca juga:

Saree: Yaman telah meluncurkan serangan drone ke pangkalan Raja Saudi Khalid

[Video]: Barak militer Saudi dan sekutunya dengan dalih kamp pengungsi di Ma’rib

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *