Bareng JQHNU, Jawa Barat Realisasikan 1 Desa 1 Hafiz – Aspiratif News

Bersama JQHNU, Jawa Barat Realisasikan Satu Desa Satu Hafiz
Views: 1305
Read Time:2 Minute, 8 Second

Bareng JQHNU, Jawa Barat Realisasikan 1 Desa 1 Hafiz – Aspiratif News

Tasikmalaya, Aspiratif News

Pimpinan Wilayah Jam’iyatul Qurra’ Wal-Huffazh Nahdlatul Ulama (PW JQH NU) Jawa Barat menggelar Diklat 1 Desa 1 Hafizh (Sadesha) angkatan kelima.

 

Ketua JQHNU Jawa Barat, KH Cecep Abdullah Syahid menyampaikan bahwa Diklat Sadesha Ialah bagian pembuktian antara sinerginya ulama dan umara di Jawa Barat.

 

“Program Sadesha yang kita selenggarakan ialah bukti bahwa ulama dan umara di Jawa Barat. Saling bersinergi dan Ialah realisasi nyata dari program pembangunan ‘Jabar Juara Lahir Batin,” ungkapnya.

 

Ia berharap nantinya peserta diklat sadesha wajib bernyali bertanggung jawab memberikan pelajaran untuk masarakat agar sanggup membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. 

 

“Waktu kembali ke desa masing-masing, peserta Sadesha wajib bertanggungjawab mengajarkan Al-Qur’an agar masarakat sungguh-sungguh sanggup membaca Al-Qur’an dengan baik dan Al-Qur’an terus gamblang benderang di bumi Jabar,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya menyampaikan bahwa masih banyak masarakat Jawa Barat khususnya usia SMP yang buta huruf Al-Quran.

READ  FGD Maha siswa PTNU Se Jabar Tolak Khilafah di Tatar Sunda

 

“Kira-kira ada 70 % siswa SMP buta Al-Qur’an di Jawa Barat. Dengan adanya program Sadesha, saya berharap tidak ada lagi masarakat Jawa Barat yang buta huruf Al-Qur’an,” ujarnya.

 

Ia meneruskan, agar para peserta sekembalinya ke desa, selain wajib dapat membantu memberantas buta huruf Al-Qur’an, mereka juga wajib melatih dan memberikan pemahaman yang komprehensif untuk warganya agar jadi penghafal Al-Qur’an dan paham akan isinya.

 

“Dengan adanya Sadesha ini, saya amat berharap agar peserta selain membantu memberantas buta huruf Al-Qur’an. Juga wajib dapat melatih warga desa agar jadi hafidz quran dan paham akan isinya untuk tercapainya ‘Jabar Juara Lahir Batin,” tutupnya.

 

Aktifitas sadesha ini dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, H Uu Ruzhanululum didampingi oleh Rais Syuriyah PCNU Kota Tasikmalaya KH Abun Bunyamin dengan ditandai pemukulan degung yang disambut riuh tepuk tangan para peserta. 

 

Turut Hadir Kepala Biro Yanbangsos Pemprov Jawa Barat, Barnas Ajidin; Kepala Bagian Keagamaan Pemprov Jawa Barat, Supriyadi; Kepala BJBS Rancaekek, Ike Mustika; Kombes Pol, Yudhi Faizal; Qori Internasional, Mu’min Mubarok; dan Bendahara PW JQH NU Jawa Barat, H. Cahya Nur.

READ  5 Tingkatan Pembelajaran Al-Qur'an di Pulau Sebatik - Aspiratif News

 

Diklat berlangsung di Hotel Santika, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin-Selasa, 20-21 Juli 2020. Diklat Sadesha angkatan V ini dihadiri oleh 125 peserta yang berasal dari daerah Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut. Peserta dan panitia memberlakukan protokol kesehatan cegah Covid-19 dalam Pelaksanaan aktifitas ini.

 

Kontributor: Adrian Fauzi Rahman

Editor: Kendi Setiawan

Bareng JQHNU, Jawa Barat Realisasikan 1 Desa 1 Hafiz – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *