Connect with us

Edukasi

Beasiswa LPDP Bisa Memilih 8 Kampus di Korsel

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com- Korea Selatan (Korsel) memang masyhur sebagai negara industri baik itu bidang hiburan maupun teknologi. Ternyata negara ini juga menyimpan potensi dalam bidang pendidikan. Sejumlah kampus di Negeri Ginseng ini menjadi tujuan para pelajar internasional untuk melanjutkan studi.

Nah, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan baru saja membuka pendaftaran beasiswa tahap 1 2024 pada Kamis (11/1/2024) lalu. Para pelamar beasiswa reguler dan parsial bisa memilih untuk melanjutkan studi master dan doktor di berbagai negara termasuk di Korsel.

Korsel memang menyediakan kampus dengan kualitas terbaik. Beberapa universitas di negara tersebut masuk dalam peringkat 100 besar dunia. Tertarik menjadikan Korsel sebagai destinasi melanjutkan studi?

Berikut informasi kampus di Korsel yang bisa dipilih pelamar beasiswa LPDP 2024. Semua program studi tersedia di kampus-kampus tersebut, kecuali di Kyung Hee University pelamar hanya bisa memilih Telecommunication Engineering.

Advertisement

1. Seoul National University (SNU)
SNU merupakan kampus paling prestisius di Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada 1946 dengan menggabungkan 10 institusi pendidikan tinggi.

Kampus yang menduduki peringkat ke-62 versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024 ini menggelar 106 program studi master dan 107 program doktor.

Saat ini, SNU memiliki hampir 3.000 mahasiswa internasional. Siapkah kamu bergabung dengan kampus peringkat ke-13 di Asia ini?

2. Yonsei University Korea Selatan
Kampus peringkat ke-76 dunia ini merupakan institusi pendidikan Barat pertama di Korea yang didirikan pada tahun 1885. Saat ini, Yonsei University yang merupakan kampus swasta di Korsel memiliki hampir 5 ribu mahasiswa asing.

3. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology
KAIST didirikan pada 1971 sebagai institusi sains dan teknik berorientasi penelitian pertama di Korea Selatan.

Advertisement

Reputasi KAIST berkembang pesat dengan diakui secara luas sebagai salah satu universitas terbaik di Korea dan dinobatkan sebagai universitas paling inovatif di kawasan Asia-Pasifik.

See also  Waspadai Dampak El Nino, BUMN, Pemda dan Menteri Gelar Pasar Murah

Kampus ini menduduki peringkat ke-18 di Asia dan peringkat ke-83 dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024.

Salah satu proyek penelitian yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah para peneliti mengembangkan sistem transportasi listrik, di mana kendaraan mendapatkan daya dari kabel di bawah jalan melalui pengisian daya magnetis non-kontak.

4. Sungkyunkwan University (SKKU)
Kampus peringkat 145 dunia ini merupakan institusi pendidikan tinggi yang telah berdiri selama lebih dari enam abad. SKKU didirikan sebagai akademi kerajaan Konfusianisme pada 1398 pada awal Dinasti Joseon.

Nama “Sungkyunkwan” identik dengan tradisi dan inovasi. Arti harafiah dari nama universitas ini adalah, “Sebuah institusi untuk membangun masyarakat yang harmonis dari umat manusia yang tercerahkan.”

Advertisement

5. Pohang University of Science And Technology (POSTECH) All Subject
POSTECH adalah universitas swasta Korea Selatan yang didedikasikan untuk bidang teknik dan sains. Kampus ini menduduki peringkat ke-149 versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024.

6. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)
Sejak dibuka pada tahun 2009, UNIST telah berkembang menjadi universitas kelas dunia, dengan reputasi yang berkembang pesat dalam penelitian dan dampaknya pada berbagai bidang. Kini UNIST menduduki peringkat ke-199 dunia.

UNIST adalah satu-satunya universitas di Korea Selatan yang 100% perkuliahannya dilakukan dalam bahasa Inggris.

7. Korea University
Korea University adalah kampus pertama di Korea yang didanai dan dikelola sendiri oleh warga Korea. Universitas ini didirikan pada tahun 1905 oleh Lee Young-Ik, Bendahara Rumah Tangga Kerajaan.

Kampus dengan peringkat 201-250 dunia ini memiliki hampir 5 ribu mahasiswa asing.

Advertisement

8. Kyung Hee University
Kyung Hee University didirikan pada tahun 1949. Universitas ini menduduki peringkat 251-300 Times Higher Education (THE) World University Rankings 2024. Khusus untuk kampus ini program studi yang bisa dituju hanya Telecommunication Engineering.

See also  Cek Harga Mobil Listrik BYD Atto 3

Source: Detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *