Ilustrasi-Menyambut-Ramadhan.jpg

Berikut 8 Amalan Sunnah yang Dianjurkan untuk Perbanyak Pahala di Bulan Ramadhan

Diposting pada
Ilustrasi Penyambutan Ramadhan, Berikut 8 Amalan Sunnah Untuk Meningkatkan Pahala Di Bulan Ramadhan
Foto: pwmuco

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan pengampunan. Bulan suci ini merupakan waktu yang penting bagi umat Islam.

Di bulan Ramadhan, perbuatan baik akan diberi pahala berlipat ganda. Juga dengan mengamalkan sunnah.

Syekh Muhammad ibn ‘Umar Nawawi al Bantani dalam kitab Nihayah al-ain fi’Irsyad al-Mubtadin menjelaskan amalan yang bisa dilakukan selama bulan puasa seperti yang ditulis oleh Ustadz M. Tatam Wijaya di halaman Warta Batavia.

Berikut 8 amalan sunnah di bulan Ramadhan.

1. Lengkapi sahur

Salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mengakhiri waktu sahur. Rasulullah bersabda: “Makanlah sahurmu, karena sahur adalah berkah (HR. Bukhari)”.
Sahur terjadi ketika seseorang makan atau minum meski hanya seteguk air. Kegiatan ini bisa dilakukan setelah tengah malam hingga menjelang waktu yang meragukan, yaitu antara malam atau matahari terbit.

2. Buka segera

Setelah berpuasa di siang hari, umat Islam diimbau untuk segera berhenti berpuasa. Buka puasa dilakukan pada waktu maghrib.
Sedangkan saat berbuka puasa, umat Islam dipaksa makan makanan manis seperti kurma basah (ruthab). Namun kurma ini bisa diganti dengan air putih atau makanan dan minuman manis lainnya.

Baca Juga :  Lewat UU Cipta Kerja, Pemerintah Siapkan 2,8 Juta Lapangan Kerja

3. Bacalah doa sebelum buka puasa

Amalan sunnah lainnya adalah membaca shalat ma’tsur sebelum berbuka puasa yang berbunyi: “Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin”.

Doa Ma’tsur memiliki arti: “Ya Allah, aku berpuasa hanya untukmu, aku percaya kepadamu, aku akan menghancurkan mata pencaharianmu, terima kasih atas rahmatmu, o penyayang di antara yang penyayang”.

4. Mandi besar sebelum matahari terbit

Umat ​​Muslim diharuskan mandi banyak setelah minum Junub atau setelah menstruasi dan melahirkan. Sunnah adalah mandi besar sebelum fajar selama bulan Ramadhan.

Hal ini bertujuan agar dapat berpuasa sekaligus menghindari kekhawatiran air masuk ke anggota tubuh seperti mulut, telinga dan anus sehingga membatalkan puasa.

Meski begitu, jika tidak ingin mandi besar saat itu, umat Islam disarankan untuk membasuh tubuh yang bersangkutan dan membaca niat mandi besar.

5. Hindari kata-kata kasar

Amalan sunnah lainnya adalah melindungi mulut selama bulan Ramadhan. Pasalnya, segala perkataan atau kebohongan yang buruk dapat membatalkan pahala puasa.

Baca Juga :  [Video]: Drone Iran Merekam Kapal Israel yang Rusak “Terkena Serangan” di Laut Oman

6. Menahan diri dari godaan

Puasa atau saum artinya pantang makan dan minum serta perbuatan yang membatalkannya, dari matahari terbit hingga terbenam dalam kondisi tertentu.

Oleh karena itu, saat berpuasa di bulan Ramadhan, umat Islam diimbau untuk menahan diri dari segala godaan hawa nafsu.

7. Meningkatkan sedekah

Amalan sunnah lain yang tidak boleh diabaikan adalah memperbanyak sedekah. Utamanya memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa memberi makan untuk berbuka puasa kepada orang yang berpuasa, maka pahala dicatat untuknya sebagai orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang itu (HR.).”

8. Di Alquran

Meningkatkan pembacaan dan pemahaman Al-Quran merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat Islam selama bulan Ramadhan. Minimal kegiatan ini dilakukan satu kali selama bulan suci.

Ulama sebelumnya rajin mengaji selama bulan Ramadhan, seperti Imam al-Syafi’i yang mengobrol hingga 60 kali.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *