Connect with us

News

BI Catat Dunia Usaha Meningkat Pada Kuartal II 2023, Ini Buktinya

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Bank Indonesia (BI) mencatat kinerja kegiatan dunia usaha meningkat pada kuartal II 2023. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 16,62%, lebih tinggi dari SBT pada kuartal I 2023 sebesar 11,05%.

Peningkatan kinerja kegiatan usaha terjadi pada mayoritas Lapangan Usaha (LU), terutama pada LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan seiring dengan pola historis musim panen tanaman bahan makanan (tabama) dan hortikultura serta LU Industri Pengolahan sejalan dengan peningkatan aktivitas industri dan kapasitas penyimpanan yang mendukung.

“Selain itu, kinerja LU Konstruksi juga terindikasi meningkat sejalan dengan dimulainya pembangunan proyek domestik. LU Perdagangan Besar dan Eceran, LU Transportasi dan Pergudangan, dan LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum meningkat sejalan dengan peningkatan permintaan saat Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idulfitri 1444 H,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangannya, Jumat (14/7/2023).

Lebih lanjut, Erwin mengatakan sejalan dengan perkembangan kegiatan dunia usaha, kapasitas produksi terpakai pada kuartal II 2023 tercatat sebesar 74,88%, lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pada kuartal I 2023 sebesar 72,33%.

Advertisement

“Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi meningkat dan berada dalam fase ekspansi,” terangnya.

Sementara itu, tambah Erwin bahwa kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dari seluruh aspek, yaitu aspek likuiditas dan rentabilitas, dengan akses pembiayaan yang tetap mudah.

Pada kuartal III 2023, responden memperkirakan kegiatan usaha tetap kuat dengan SBT sebesar 15,42%. Kegiatan usaha yang tetap kuat diprakirakan terjadi pada beberapa LU sekunder, antara lain LU Industri Pengolahan sejalan dengan peningkatan permintaan dan ketersediaan sarana produksi yang mendukung dan LU Konstruksi sejalan dengan meningkatnya permintaan dan berlanjutnya proyek domestik.

See also  Dalam Sebulan, Polri Terima 560 Laporan TPPO Dan 649 Jadi Tersangka

“Selain itu, kinerja LU Pertambangan dan Penggalian juga diprakirakan meningkat sejalan dengan faktor musiman, ketersediaan sarana produksi, serta peningkatan kapasitas penyimpanan,” jelas dia.

Source: detikFinance
Dok : Katadata

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *