Biden-Khawatirkan-Kerjasama-Iran-China-Shamkhani-AS-akan-Segera-Runtuh.jpg

Biden Khawatirkan Kerjasama Iran-China, Shamkhani: AS akan Segera Runtuh

Diposting pada

Teheran, Warta Batavia-Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, men-tweet menanggapi pernyataan Joe Biden setelah penandatanganan Program Kerja Sama Global Iran-China.

Presiden AS mengatakan Minggu malam bahwa dia telah lama prihatin tentang aliansi Iran-China.

“Penandatanganan dokumen Rencana Kerja Sama Strategis Iran-China adalah bagian dari kebijakan perlawanan aktif,” tulis Shamkhani.

Dia menambahkan: “Dunia bukan hanya Barat. Barat tidak terbatas pada Amerika Serikat dan tiga negara Eropa yang telah mengingkari janjinya (Jerman, Prancis, dan Inggris Raya) “.

“Kekhawatiran Biden sangat benar. Pertumbuhan kerja sama strategis di Timur akan mempercepat keruntuhan Amerika Serikat, ”tegasnya.

Perjanjian kerja sama global selama 25 tahun antara Iran dan China ditandatangani oleh para menteri luar negeri kedua negara pada Sabtu 27 Maret.

The Wall Street Journal (WSJ) dalam analisisnya mengatakan bahwa kesepakatan ini menggagalkan semua upaya Washington untuk mengisolasi Teheran-Beijing.

“Perjanjian ini memperkuat kerja sama antara Teheran dan Beijing karena Iran mencari cara untuk memperkuat ekonominya setelah diberi sanksi,” tambah WSJ.

Baca Juga :  Jokowi Perintahkan Mensos Risma-Kepala BNPB ke Lokasi Gempa Mamuju

Dalam beberapa tahun terakhir, WSJ telah mendefinisikan China sebagai sekutu perdagangan penting bagi Iran. Menurutnya, kesepakatan dengan China ini telah membuka cakrawala bagi investasi asing di Iran yang sangat dibutuhkan Teheran.

Membahas kenaikan ekspor minyak Iran ke China dalam beberapa bulan terakhir, WSJ menjelaskan: “China diperkirakan akan mengimpor 918.000 barel minyak per hari dari Iran pada bulan Maret. Ini jumlah (impor) terbesar sejak sektor minyak Iran diembargo 2 tahun lalu. (af / fars)

Baca juga:

Penutupan Terusan Suez mengkhawatirkan Pentagon, Iran menawarkan cara pengganti

Sputnik: terbentuknya segitiga strategis Rusia, China dan Iran, memunculkan nada permusuhan terhadap Amerika Serikat

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *