Connect with us

Sport

Bola Voli Putra Indonesia Menangkan Tiga Set Langsung Lawan Singapura

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Tim nasional bola voli putra Indonesia berhasil bangkit dari tekanan dan memetik kemenangan atas Singapura tiga set langsung pada laga penyisihan Grup A di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamis.

Skuad Merah-Putih berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 29-27, 25-8, dan 25-10.

Pelatih timnas bola voli putra Indonesia Jeff Jiang Jie saat ditemui usai pertandingan mengatakan tim asuhannya cukup mengalami kendala di set pertama. Namun, pada akhirnya mampu mengatasi tekanan dan meminimalisir kesalahan sendiri di dua set berikutnya.

“Saya tidak tahu apa yang terjadi di set pertama, tapi pada akhirnya kami berhasil (memenangkan pertandingan). Hal terpenting adalah kami bermain untuk negara, keluarga, teman-teman dan banyak orang. Di pertandingan berikutnya kami akan memecahkan masalah (di set pertama hari ini),” ungkap Jeff Jiang.

Advertisement

“Set pertama cukup menantang. Ada masalah besar di set tersebut. Saya dan tim akan mengevaluasinya dan menyelesaikan masalah tersebut,” imbuhnya.

Pada set pertama, Indonesia yang menurunkan formasi Rivan Nurmulki, Fahri Septian Putratama, Hernanda Zulfi, Nizar Julfikar, Fahreza Rakha Abhinaya dan Doni Haryono, sempat unggul jauh dari tim lawan hingga selisih 6 poin. Namun, Indonesia sempat lengah hingga Singapura berhasil menyamakan kedudukan di angka 10-10.

Lebih lanjut, pelatih pun memutuskan untuk mengubah formasi dengan mengganti posisi setter yang sebelumnya ditempati Nizar dengan Dio Zulfikar, serta Rivan digantikan oleh pemain muda Indonesia Boy Arnez Arabi.

Singapura yang diperkuat oleh Wong Chang Wei dan kawan-kawan terus berusaha memberikan tekanan pada tim Garuda hingga pada akhirnya mampu menyamakan kedudukan lagi 16-16, bahkan unggul hingga empat poin yakni pada 20-17.

Tak gentar, timnas Indonesia yang kemudian juga diperkuat oleh Agil Angga Anggara itu berusaha menyalip dan mengumpulkan poin demi poin hingga akhirnya menyamakan kedudukan dan meraih set point pertama.

Advertisement

Dibalut seruan dari para suporter kedua tim, Singapura beberapa kali menyamakan kedudukan dan membuat Indonesia meraih hingga lima set point berturut-turut.

See also  Olahraga Renang Indonesia Bawa Tiga Emas Sesuai Target

Servis yang tidak tertahan dari Angga akhirnya menjadi poin pamungkas dan memberi kemenangan Indonesia di set pertama.

Pada set kedua dan ketiga, timnas semakin percaya diri dan mendominasi jalannya pertandingan. Pada set kedua, Indonesia menurunkan pemain-pemain yang sebelumnya tidak berlaga di SEA Games Vietnam tahun lalu seperti Fahri, Hendra, dan Boy. Tim tampil solid dan mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan serta bermain lebih rapih.

Servis dari Hernanda di set kedua dan smash keras dari Fahri menjadi penentu kemenangan Indonesia di masing-masing set dua dan tiga.

Tim bola voli putra Indonesia akan kembali berlaga pada babak penyisihan grup A Sabtu (6/5) melawan tim tuan rumah Kamboja.

Advertisement

Source: antaranews
Dok : antara (foto: Arnidhya Nur Zhafira)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *