Bom-Bunuh-Diri-di-Katedral-Makassar-Simak-Kronologinya.jpg

Bom Bunuh Diri di Katedral Makassar, Simak Kronologinya

Diposting pada

CCTV merekam detik-detik pelaku meledakkan bom bunuh diri di pintu masuk katedral di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021). Sumber: Sindonews

Jakarta, Warta BataviaSebuah bom meledak di depan pintu gerbang Gereja Hati Kudus Yesus atau Katedral Makassar pada pukul 10.30 WITA, Minggu (28/3).

Polisi mengatakan bom yang meledak adalah bom bunuh diri.

Berdasarkan penjelasan kronologis pendeta Gereja Katedral Makassar, Wilhelmus Tulak, bom ini meledak setelah misa kedua atau kedua.

“Jadi orang yang menghadiri kebaktian kedua pulang. Nah, kebetulan gereja kita ada beberapa pintu masuk dan keluar, jadi tidak fokus pada satu pintu,” kata Tulak saat diwawancara Kompas TV, Minggu. (28/9 / 2018). 3).

Sebelumnya, dia mengatakan dua tersangka pelaku bom bunuh diri itu mengendarai sepeda motor dan berusaha masuk ke dalam saat melewati konvensi ketiga. Namun, aksi tersebut digagalkan oleh petugas keamanan yang mencurigakan.

“Menurut satpam saya, dia melihat dua orang yang mencurigakan. Kemudian diamati dan ternyata mereka memang bertekad masuk ke lokasi gereja, tapi ditangkap,” kata Tulak.

Baca Juga :  Cara Membaca Hadis yang Dianggap Misoginis

Kemudian, kata dia, pada pukul 11.00 WITA, saat memasuki ibadah ketiga terjadi pergantian orang yang sudah selesai beribadah dan ingin beribadah.

Tulak ingat, bom itu meledak beberapa saat setelah dia menyelesaikan dinas keduanya. Saat itulah ia memasuki ruang ganti dan tiba-tiba bom meledak yang terdengar sangat keras.

Menurut dia, intensitas ledakan terlihat dari pecahan kaca hotel di dekat gereja katedral Makassar. Beberapa orang yang berada di sekitar lokasi ledakan mengalami luka-luka, begitu pula aparat keamanan yang menahan para pelakunya.

Laporan dari CNN IndonesiaKepala Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan memperkirakan bom meledak pada pukul 10.28 WITA. Polisi juga menemukan jenazah manusia.

Menurut dia, polisi masih menyelidiki ledakan tersebut.

“Berapa banyak (penulis). Kami Labfor Polri akan menjamin lebih detailnya, ”ujarnya.

Gereja Katedral Makassar terletak tepat di perempatan Jalan RA Kartini Makassar. Petugas polisi yang terlihat di lokasi adalah anggota Brimob, Gegana Polda Sulawesi Utara.

Lokasi gereja katedral berada di dekat alun-alun Karebosi. Saat ledakan terjadi, vaksinasi Covid-19 di lapangan juga tengah dilakukan. (ra / cnn)

Baca Juga :  Istana Jawab JK soal Bagaimana Cara Kritik Tanpa Dipolisikan

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *