kantor-696x391.jpeg

Breaking News! Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer, Sita 1 Truk Berkas hingga Kotak Infak

Diposting pada
Kantor administrasi Syam di Jl Suryodiningratan, Yogyakarta digeledah oleh Densus 88 Anti Teror pada Minggu (4/4/2021). Sebuah truk berisi dokumen, laptop dan kotak informasi diamankan (foto: Heri Susanto / detikcom)

Tim Penanggulangan Terorisme Densus 88 menggeledah kantor organisasi Syam di Jalan Suryodiningratan, Yogyakarta. Sejumlah dokumen disita tim Densus 88 hingga ke kotak informasi.

Ketua RT setempat, Setyo Karjono, mengatakan, penggeledahan berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 18.00 WIB. Dalam penggeledahan, ruas Jalan Suryodiningratan, Kemantren Mantrijeron, Yogyakarta ditutup selama lima jam.

“Mereka memeriksa dengan teliti. Ada kertas, komputer, laptop, dan semacam kotak timah (kotak informasi), truknya penuh,” kata Setyo saat ditemui di tempat, Minggu (4/4/2021).

Setyo menjelaskan, sejak awal penelitian, Densus 88 sudah mengunjunginya untuk menjadi saksi. Tak hanya Setyo, ada juga perwakilan warga yang didaulat menjadi saksi.

“Dua orang saya dan warga sekitar (yang menjadi saksi penelitian),” jelas Setyo.

Setyo mengatakan, kantor administrasi Syam sudah mulai menempati kantor tersebut sejak 2019. Mereka menempati kantor tersebut setelah sebelumnya dipekerjakan oleh kontraktor percetakan.

“Ini mesin cetak. Jadi, di akhir tahun 2019, seorang Sham Organizer dipekerjakan. Saya tidak tahu banyak kegiatannya, tapi ini semacam LSM berbasis agama, ”kata Setyo.

Baca Juga :  Soal Kerumunan Jokowi, KH Masduki Baidlowi Tegaskan Pernyataan Anwar Abbas Bukan Pernyataan Resmi MUI

Dia menjelaskan, Densus 88 menggeledah semua ruangan di kantor dua lantai itu. Setyo mengatakan semua dokumen diperiksa dan diangkut oleh Densus 88.

“Ada dua karyawan di sana. Satu orang diminta menunjukkan kamar yang mana. Kemudian semua dokumen dicek untuk detailnya,” kata Setyo.

Setyo menambahkan, penyelenggara Syam Organizer memang dikenal tertutup dan tidak pernah bersosialisasi dengan warga sekitar. Padahal saya sudah bekerja di kantor selama hampir satu setengah tahun.

“Wah, saya tidak tahu bidang apa itu. Yang jelas dari booklet itu seperti agama,” ujarnya.

Sementara itu, dari penelusuran di situs Syam Organizer dan akun Instagram, lembaga ini telah menghimpun banyak dana atas nama kemanusiaan. Ini termasuk ambulans dan program bantuan di Suriah, Palestina, dan Timur Tengah.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *