Connect with us

Edukasi

Tips Bulking dan Efek Samping

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com –  Buat penggemar olahraga khususnya fitness atau gym pasti sudah tidak asing dengan istilah “Bulking”.

Bulking sendiri merupakan tahapan atau proses yang paling populer di kalangan pecinta olahraga.

Lalu pengertian Bulking akan dijelaskan di artikel ini.

Bulking adalah suatu tahapan untuk mengatur berat badan yang berguna untuk menambah massa dan kekuatan pada otot.

Advertisement

Bulking bertujuan untuk
Meningkatkan massa otot melalui dengan cara menambah asupan kalori lebih banyak ketimbang kalori yang dibakar.

Bagaimana cara melakukan bulking?

Bulking dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang jumlah kalorinya hariannya lebih banyak dari kebutuhan tubuh sehari-hari.

Dengan begitu massa dan kekuatan otot didalam tubuh akan bertambah dan dibentuknya harus melakukan latihan gymatau exercise berintetitas tinggi.

Dalam dunia kesehatan terutama kebugaran tubuh atau khususnya atlet binaragawan ada beberapa tips untuk melakukan bulking agar yang dihasilkan cukup optimal dan membuat tubuh semakin bugar.

Advertisement

Tips untuk melakukan bulking

1. Menentukan kalori yang diperlukan, setelah menentukan kalori yang diperlukan oleh tubuh lalu tambahkan 10-20 persen dari kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan lakukan selama menjalani proses atau tahapan bulking.

2. Dilarang makan sembarangan, meski bulking bertujuan menambah berat badan bukan berarti harus menyantap setiap makanan yang ada. Hindari makanan cepat saji, soft drink dan lain-lain. Proses bulking memerlukan asupan makanan yang membuat nutrisi dapat masuk dan bermanfaat bagi tubuh.

3. Memilih makanan yang banyak mengandung karbohidrat dibanding lemak, hal ini dikarenakan karbohidrat menjadi satu komponen yang baik saat bulking, nutrisi akan dapat meningkatkan insulin setelah melakukan exercise atau olahraga sehingga dapat membantu mengirim glikogen ke pada otot.

See also  Hadapi Tantangan Global, Para Pimpinan Forum MIKTA Saling Kolaborasi

4. Mengkonsumsi serat secukupnya.

Advertisement

5. Jangan salah memilih suplemen yang tepat, yakni dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung kreatin dan bubuk protein yang digunakan agar proses bulking sesuai dengan targetnya.

Dan banyak lagi Tips lainnya yang dapat kalian lakukan.

EFEK SAMPING BULKING

Meskipun baik bagi kesehatan bukan tak mungkin proses bulking tidak ada efek sampingnya.

Efek samping dari bulking ialah terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh karena kelebihan asupan kalori.

Advertisement

Jika dilakukan dengan cara yang tidak benar, bukan massa otot yang bertambah malah berat badan yang semakin bertambah tanpa adanya pembentukkan otot yang diinginkan.

Demikian penjelasan apa itu bulking mulai dari pengertian, hingga tips cara melakukannya serta efek samping yang ditimbulkan.

Penulis: Arjabna
Sumber referensi : mengerti.id
Dok: Detikcom

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *