Bungkam-Media-Bahrain-Menlu-Irak-Iran-Bantu-Kami-Menumpas-ISIS.jpg

Bungkam Media Bahrain, Menlu Irak: Iran Bantu Kami Menumpas ISIS

Diposting pada

Baghdad,Warta Batavia-Saat diwawancarai harian Bahrain, al-Bilad, Menlu Irak Fuad Husein disodori sebuah pertanyaan tendensius, yaitu “kenapa selalu ada nama Iran saat nama Irak disebut?”

Husein menjawab bahwa berdasarkan sejarah dan geografi, Irak dan Iran adalah dua negara tetangga, yang memiliki perbedaan dan juga persamaan.

“Kami berunding dengan para pejabat Iran terkait perbedaan-perbedaan antara kami. Namun kami juga bekerjasama dalam masalah-masalah bersama. Contohnya, saat ISIS menyerang Irak, Iran membantu kami menghadapi kelompok tersebut,”kata Husein.

“Sebagai dua negara dan tetangga, kami menginginkan kerjasama. Secara keseluruhan, intervensi dalam urusan Irak tidak menguntungkan Iran,”imbuhnya.

Menlu Irak melanjutkan,”Sudah lebih dari setengah abad kami berada dalam kondisi perang di Irak. Mulai dari perang saudara hingga perang dengan pihak luar, seperti Perang Irak-Iran, yang merupakan perang klasik terlama setelah Perang Dunia II. Perang itu telah menghancurkan infrastruktur Irak sepenuhnya.”

“Perang ini membunuh dan melukai satu juta orang. Ekonomi Irak hancur karena membiayai perang. Situs-situs minyak Irak juga hancur dan kami tak bisa mengekspor minyak.”

Baca Juga :  Bantah Klaim Bantuan AS, Ansarullah Sebut Barat Justru “Ingin Mencabut Oksigen dari Yaman”

“Saat memulai perang, Irak memiliki cadangan 36 milyar dolar. Namun usai perang, Irak berhutang 150 milyar dolar. Benar bahwa 80 persen dari hutang itu telah dihapus di Sidang Paris. Namun Irak masih memiliki banyak hutang dan masih menyicilnya,”tandas Husein. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Ungkap Rincian Baru Tragedi Pembunuhan Ilmuwan Fakhrizadeh

INSS: Perang Israel vs Poros Resistensi di Masa Mendatang Mencakup Libanon, Suriah, Irak, dan Gaza

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *