Connect with us

Edukasi

Cara Memotivasi Anak Membaca di Taman Bacaan

Published

on

motivasi anak

Tantangan dan masalah seringkali membuat banyak orang berkeluh-kesah. Bahkan sering pula dijadikan alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Berdiam diri tanpa motivasi dan meratapi masalah atau tantangan yang ada. Atau merasa cukup dengan ber-curcol ria kepada orang yang sebenarnya tidak pula bisa membantu apa-apa. Begitulah realitas kehidupan hari ini yang dijalani banyak orang. Serba pesimis dan berpikir negatif!

Di taman bacaan, justru sebaliknya, Masalah dan tantangan dianggap “hal biasa” yang harus dihadapi. Untuk ikhtiar lebih keras dan berjuang pantang menyerah dalam menegakkan aktivitas giat membaca dan budaya literasi masyarakat. Karena pegiat literasi di taman bacaan sangat percaya. Tidak ada perbuatan baik sekecil apapun yang sia-sia. Siapapun yang berbuat baik, maka kebaikan itu akan kembali kepada dirinya. Siapa yang mengerjakan lebih dari apa yang seharusnya, suatu saat mendapatkan lebih dari apa yang dikerjakannya. Ada hasil berlipat ganda di masa mendatang dari setiap perbuatan baik yang ditebarkan.

Spirit itulah yang dipegang Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Setiap hari Minggu selalu menggelar “laboratorium baca” untuk memotivasi anak-anak yang membaca di taman bacaan. Seperti pada Minggu, 8 Januari 2023 mengajak anak-anak membaca dan menulis di Sungai Ciherang. Melakukan perjalanan menuju sungai dan duduk di atas bebatuan untuk membaca sambil membaca buku. Ada pula yang menulis rencana yang akan dilakukan untuk tahun 2023. Dibimbing oleh wali baca dan relawan, aktivitas giat membaca ini sangat alamiah. DI samping untuk melatih “cinta baca”, anak-anak pun diperkenalkan tentang terjal-nya perjalanan hidup dan membutuhkan sikap pantang menyerah untuk mencapai tujuan.

Melalui laboratorium baca di sungai, TBM Lentera Pustaka mengajarkan anak-anak untuk selalu mengembangkan sikap positif dan melakukan perbedaan kecil dalam hidup. Berjalan ke sungai, membaca dan menulis. Sebagai cara unik memotivasi anak untuk membaca buku. Agar mampu meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan. Untuk lebih optimis dalam menatap masa depan. Tentu, melalui kegiatan membaca dan belajar yang terus-menerus. Karena selain menjadi tempat membaca, taman bacaan pun jadi sentra motivasi bagi anak-anak kampung yang terancam putus sekolah.

Advertisement

Untuk berjuang di taman bacaan, TBM Lentera Pustaka sangat sadar. Bahwa seterjal apapun, taman bacaan pada akhirnya akan menemui JALANNYA sendiri untuk sampai ke tujuan. Hingga terbukti, siapa yang tetap melangkah dan siapa pula yang tertinggal di belakang.

See also  Deepfake dan Cara Mendeteksinya

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *