Connect with us

Edukasi

Cara Tingkatkan Value Diri, Apakah Kamu Sudah Mencoba?

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Salah satu hal yang perlu kamu siapkan dalam menghadapi masa depan dan meraih mimpi adalah mengembangkan kemampuan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara meningkatkan value diri.

Hal itu juga dijelaskan oleh Erlyana dan Hansen (2021) dalam Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan bahwa meningkatkan value diri diperlukan agar seseorang mampu bersikap adaptif dalam menghadapi perkembangan zaman.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan value diri yang mudah? Untuk mengetahui rinciannya, baca artikel di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kemampuan Diri

Advertisement

Mengetahui cara meningkatkan value diri menjadi salah satu hal penting yang perlu dipahami setiap orang apabila ingin berkembang.

Apalagi di zaman yang serba canggih ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai untuk meningkatkan kemampuan diri dari sekarang.

Adapun beberapa cara meningkatkan value diri yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1. Belajar Hal Baru
Salah satu cara meningkatkan value diri adalah dengan belajar hal baru. Ada banyak jenis keterampilan yang memiliki persaingan ketat di zaman modern ini, seperti keterampilan IT dan di bidang kreatif.

Untuk itu, kamu bisa mencoba mempelajari hal baru dengan mengikuti kursus atau pelatihan daring. Dengan begitu, kamu bisa mempelajarinya dalam waktu yang lebih fleksibel.

Advertisement

2. Bangun Lebih Awal
Mencoba untuk bangun lebih awal juga termasuk cara meningkatkan kemampuan diri. Dengan bangun lebih awal, kamu bisa lebih produktif dan meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, bangun lebih awal juga dapat membuatmu lebih santai dan tidak panik apabila ada kegiatan di pagi hari.

3. Rutin Membaca Buku Setiap Hari
Banyak orang menyepelekan aktivitas membaca buku karena dianggap sebagai kegiatan yang membosankan.

See also  Manfaat Buah Nanas Bagi Tubuh

Padahal, manfaat membaca buku untuk otak sangat banyak. Oleh sebab itu, membaca buku bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan diri.

Sebagai langkah awal, kamu bisa meluangkan waktu sekitar 15-30 menit untuk membaca buku. Apabila sudah terbiasa, kamu bisa menambah durasi membaca.

Advertisement

4. Belajar Bahasa Baru
Belajar bahasa baru juga termasuk cara meningkatkan value diri. Tidak bisa dipungkiri jika pada zaman ini, penguasaan bahasa asing sangat penting.

Untuk itu, kamu bisa mencoba mempelajarinya dengan berlatih di beragam aplikasi yang banyak menyediakan kursus bahasa asing.

5. Berani Keluar Zona Nyaman
Salah satu cara meningkatkan kemampuan diri yang terpenting adalah berani keluar zona nyaman dan mengambil risiko. Hal ini penting untuk kamu lakukan jika ingin mempersiapkan masa depan.

Dengan keluar dari zona nyaman, kamu akan lebih merasa tertantang dan membuatmu tumbuh serta adaptif dalam menghadapi situasi baru. Itulah informasi mengenai cara meningkatkan value diri yang bisa coba kamu terapkan mulai sekarang.

Sebagai catatan, untuk mempersiapkan masa depan memang diperlukan sedikit pengorbanan. Meski begitu, apabila kamu melakukannya dengan tekun, hasilnya tidak akan mengecewakan.

Advertisement

Source: Kumparan.com

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *