Connect with us

Bisnis

CEK! 9 Keuntungan Shopee Live

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Sudah banyak e-commerceyang mempermudah pedagang online untuk menjual produknya dengan menyediakan fitur live streaming, salah satunya adalah Shopee Live Indonesia.

Mengutip dari situs resmi Shopee, di tahun 2019 saja berjualan dengan live streaming di Shopee bisa membuat toko penjual dikunjungi hingga ratusan ribu orang yang melihat tayangan atau siaran langsung tersebut setiap harinya. Penjualan meningkat sampai 3X lipat dan menambah followers atau pengikut baru sampai 15% di tiap live streaming!

Apa sih yang menjadi keuntungan Shopee live Indonesia sehingga banyak penjual yang melirik dan menggunakannya? Yuk, simak informasi selengkapnya!

Keuntungan Shopee Live Indonesia

Advertisement

1. Tersedia Banyak Program yang Menarik

Shopee live Indonesia menjadi salah satu marketplace yang dilengkapi dengan berbagai program dan fitur menarik. Itulah yang menjadi daya tarik dari banyak penjual akhirnya lebih memilih melakukan siaran langsung untuk berjualan di marketplace online satu ini.

2. Meningkatkan Followers dan Penjualan Toko

Dengan melakukan siaran langsung di Shopee Live Indonesia, kamu bisa menambah pengikut atau followers baik di media sosial usaha maupun akun Shopee kamu.

Bagaimana tidak, jika banyak yang menonton siaran langsung jualan kamu dan tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka akan banyak konsumen yang juga mengecek media sosial dan akun Shopee usaha kamu.

Advertisement

Mereka jadi penasaran untuk melihat lebih lanjut terkait produk yang ditawarkan dan tidak segan untuk memfollow media sosial dan akun Shopee kamu.

Yang tidak kalah penting lagi adalah penjualan bisa meningkat, karena kamu bisa memperluas jangkauan konsumen produk yang dijual.

3. Mengoptimalkan Eksposur dan Branding Toko

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika memanfaatkan Shopee live Indonesia untuk menjual produk bisa memperluas jangkauan konsumen dari Sabang hingga Merauke.

See also  Ini Penyebab Harga Cabai Mahal Tembus 100 Ribu

Artinya akan banyak orang yang tadinya belum pernah tahu brand kamu sebelumnya, saat mereka menonton siaran langsung kamu, mereka jadi tahu apa saja sih yang ditawarkan. Jika mereka tertarik pasti akan membeli produk dan bisa memberi tahu orang lain untuk membeli produk di toko kamu.

Advertisement

4. Penjual Bisa Berinteraksi Langsung dengan Pelanggan

Salah satu alasan mengapa keuntungan penjual bisa berkali-kali lipat saat melakukan live streaming yaitu karena calon pembeli bisa berinteraksi atau bertanya langsung dengan penjual.

Calon pembeli bisa bertanya apapun tentang hal yang mereka ingin tahu tentang produk maupun hal lain terkait toko, cara pengiriman atau pembayaran dan lainnya.

Jadinya, berjualan juga lebih mudah. Untuk itu disarankan oleh para seller atau yang menjadi host harus tahu semua informasi terkait produk yang ditawarkan, cara transaksi, promo yang tersedia, dan lainnya, agar bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan calon pembeli.

Jika bisa memberikan jawaban yang jelas dan meyakinkan, tentu bisa menambah trust untuk penjual di mata calon pembeli.

Advertisement

5. Dapat Memberikan Review Produk Secara Detail

Seller bisa menjelaskan secara lebih lengkap apa saja spesifikasi, benefit, cara pakai, cara penyimpanan, kelebihan dan kekurangan pada produk yang sedang ditawarkan.

Sebisa mungkin berikan informasi yang lebih lengkap daripada informasi yang ada di deskripsi ya. Bakal lebih baik kalau kamu sudah mencoba produknya lebih dulu, sehingga bisa memberikan gambaran yang lebih detail dan honest review berdasarkan pengalaman kamu. Pembeli juga bisa jadi lebih percaya.

6. Menjual Produk dalam Jumlah Banyak dalam Satu Platform

Kelebihan lain dari menggunakan Shopee live Indonesia adalah memungkinkan seller untuk menampilkan dan menawarkan produk dengan jumlah yang banyak hanya dalam satu platform. Kamu bisa menunjukkan katalog yang bisa dilihat oleh ratusan maupun ribuan orang hanya dalam beberapa menit saja.

Advertisement

Apalagi jika kamu bisa mengemas acara siaran langsung dengan menarik, sehingga audiens akan merasa terhibur serta betah berlama-lama di acara tersebut. Bahkan tak segan penonton bisa merekomendasikan acara tersebut kepada orang lain.

See also  Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet, Berikut Daftar Para Menteri Dan Wakil Menteri

7. Mendorong Pembelian Jadi Lebih Cepat

Kamu yang ingin mendapatkan keuntungan lebih besar dan juga cepat, bisa memanfaatkan Shopee live Indonesia. Agar bisa menarik perhatian calon pembeli, kamu bisa memberikan potongan harga atau menjual barang dengan harga kompetitif dan produk tersebut terbatas.

Shopee live Indonesia juga menyediakan fitur lelang. Fitur ini bisa membuat konsumen harus bergerak lebih cepat mengklik penawaran atau produk selama proses siaran langsung. Dengan begitu, keuntungan yang bisa diperoleh bisa lebih cepat dan besar.

8. Bisa Menjual Produk yang Kurang Laku Sehingga Bisa Dibeli

Advertisement

Jika dagangan lama kamu masih banyak, bisa juga menawarkan produk tersebut ke calon pembeli saat sedang melakukan siaran langsung. Sesi ini bisa memberikan banyak kemungkinan konsumen tertarik untuk membelinya.

Hal yang perlu jadi catatan adalah pastikan produk lama yang akan dijual adalah produk yang masih layak untuk digunakan atau dikonsumsi ya.

Sebisa mungkin juga sebelum menawarkan ke penonton, kamu perlu mencari tahu alasan mengapa produk tersebut sempat kurang diminati. Setelah menemukannya, kamu bisa menyiasati dengan strategi baru agar barang bisa laku terjual.

9. Penjual Jadi Memahami Kebutuhan Pembeli

Lewat jualan melalui live streaming penjual bisa berinteraksi langsung dengan pembeli, maka secara tidak langsung penjual bisa mengetahui apa yang diinginkan konsumennya.

Advertisement

Biasanya selain menyampaikan ketertarikan terhadap produk dalam pertanyaan, penonton juga ada yang memberikan masukkan atau membagi pengalamannya berbelanja di toko kamu (jika sudah pernah membeli sebelumnya). Dari pendapat mereka, seller bisa melakukan perbaikan ke depannya.

Itu dia beberapa keuntungan menggunakan Shopee live Indonesia untuk menjual produk dagangan toko online di e-commerce orange ini.

See also  Ini Alasan Ukraina Keluar Dari Kejuaraan Judo Dunia

Foto: Shutterstock

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *