Connect with us

Edukasi

CEK! Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com- Dalam beberapa minggu terakhir, Jakarta sempat menempati peringkat satu terus menerus sebagai kota paling berpolusi di dunia menurut laporan real time IQAir. Namun, benarkah jika dihitung rerata polusi tahunan, Jakarta bukan yang pertama?
Per Selasa (5/9/2023), pukul 13:40 WIB, Jakarta tidak lagi menempati posisi pertama. Menurut laporan real time IQAir, Jakarta menempati urutan keenam dengan indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara PM2.5 mencapai 129.

Angka ini berarti udara di Jakarta masuk dalam kategori “Tidak Sehat bagi Kelompok Sensitif”. Kondisi ini berbeda dengan Kota Kuching di Malaysia yang memiliki indeks kualitas udara dan polusi udara PM2.5 mencapai 181 atau kategori tidak sehat.

Meski begitu, baik Kuching maupun Jakarta ternyata bukan kota yang paling berpolusi di dunia jika dihitung dari rerata polusi tahunan. Lantas kota mana paling berpolusi?

Kota Paling Berpolusi di Dunia

Advertisement

Dikutip dari Live Science, polusi udara sering kali diukur berdasarkan konsentrasi materi partikulat (PM), atau campuran tetesan padat dan cair yang tersuspensi di udara.

Di dunia, terdapat ratusan kota yang memiliki udara sepanjang tahun yang dianggap tidak sehat oleh EPA AS hanya untuk satu hari, menurut data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Terutama mengenai polusi partikel kecil PM2,5, atau partikel yang dapat dihirup lebih kecil dari 2,5 mikrogram.

Namun, berdasarkan laporan IQAir tahunan pada tahun 2022, terdapat beberapa kota yang dianggap memiliki polusi udara terburuk di dunia, di antaranya:

1. Kota Lahore, Pakistan

Advertisement

2. Kota Hotan, Tiongkok

3. Kota Delhi, India.

Selain itu, berdasarkan data sebelumnya yakni pada tahun 2021, tiga kota paling berpolusi di dunia berada di Asia Selatan dan Afrika Tengah, yakni:

See also  INGAT! Pentingnya Etika Dalam Dunia Maya

1. Kota Delhi, India

2. Kota Dhaka, Bangladesh

Advertisement

3. Kota N’Djamena, Chad.

Ketiga kota di atas memiliki rata-rata lebih dari 90 mikrogram per meter kubik PM2.5 sepanjang tahun 2021, atau hampir 20 kali lipat dari tingkat yang direkomendasikan.

Meskipun pemeringkatan ini menunjukkan beberapa titik rawan polusi udara, sulit untuk menentukan kota mana yang benar-benar memiliki udara terburuk.

Sejauh ini, sensor yang digunakan memiliki kualitas yang bervariasi, sementara banyak negara di Afrika tidak muncul dalam daftar karena tidak melaporkan data sama sekali.

WHO hanya menggunakan sensor berkualitas tinggi, namun tidak mencoba membuat peringkat kota secara keseluruhan.

Advertisement

Source: detikNews
Dok: Polusi Udara Ibu Kota Delhi, New Delhi

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *