Connect with us

Hiburan

Cerita Irlandia Terbagi Menjadi Dua Negara

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Pulau Irlandia yang terdiri Republik Irlandia yakni negara berdaulat dan Irlandia Utara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Lalu mengapa Irlandia terbagi menjadi dua negara? Yuk simak penjelasannya.

Dikutip dari Britannica, Republik Irlandia mengalami kelahiran yang sulit. Diperintah oleh Inggris Raya sejak abad ke-13, warganya, yang mana banyak dari mereka menindas umat Katolik, berupaya untuk melepaskan diri dari dominasi Inggris selama beberapa ratus tahun berikutnya.

Inggris Membagi Pulau Jadi Dua Negara karena Perang Saudara
Pada awal abad ke-20, situasi Irlandia berubah secara dramatis. Sebuah partai nasionalis Irlandia bernama Sinn Féin, memproklamasikan Republik Irlandia pada tahun 1919.

Lalu Inggris pun membagi pulaunya pada tahun 1920 dalam rangka menghadapi perang saudara di Irlandia, yaitu dengan parlemen terpisah di timur laut yang mana mayoritasnya Protestan serta selatan dan barat laut yang mayoritasnya Katolik.

Advertisement

Akan tetapi formula ini ditentang oleh kaum republik, dan kemudian terbentuklah Negara Bebas Irlandia (Irish Free State) pada tahun 1922.

Namun, Irlandia Utara menarik diri dan menerima pemerintahan sendiri di Britania Raya.

Negara Bebas Irlandia pun menetapkan ibukotanya yaitu Dublin, dan sebuah konstitusi baru berganti nama menjadi bangsa Éire atau Irlandia pada tahun 1937. Hingga pada tahun 1949 menjadi republik dan meninggalkan Persemakmuran Inggris.

Dok : Tapety : Irlandia

Atas Dasar Perjanjian
Sebuah perjanjian Anglo-Irlandia terjadi saat Republik Irlandia diberi peran konsultasi dalam pemerintahan Irlandia Utara pada tahun 1985.

Hingga akhirnya pada tahun 1993, kerangka kerja untuk menyelesaikan masalah dan membawa perdamaian abadi ke wilayah yang bermasalah disepakati oleh Republik Irlandia dan Inggris.

Pada tanggal 1 Januari 1973, bergabunglah Republik Irlandia, Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara dengan Komunitas Eropa. Pada tahun 1993, kemudian diintegrasikan ke dalam Uni Eropa.

Advertisement

Ketika Britania Raya mengumumkan untuk berencana keluar dari Uni Eropa setelah referendum 2016 ditutup, memicu isu utama perdebatan karena dampak dari inisiatif di Irlandia Utara.

See also  Cara Jitu Staycation Gratis di Hotel Berbintang

Nah, itulah beberapa sejarah yang menjelaskan alasan pulau di Irlandia terbagi menjadi dua negara. Semoga menambah wawasan ya sobat!

Source : detiknews
dok : icanedukasi

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *