momen-jokowi-umumkan-6-menteri-baru-di-istana-negara-4_169.jpeg

Daftar Menteri Inisial M di Kabinet Jokowi, Siapa Di-reshuffle?

Diposting pada
Momen Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru di Gedung Negara. 4169 Daftar Perdana Menteri M Kabinet Jokowi, Siapa yang Dirombak?

Initial M dikabarkan menjadi anggota kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan kehilangan posisinya. Siapakah menteri dan anggota kabinet Indonesia maju berinisial M?

Setidaknya ada empat anggota kabinet Jokowi berinisial M. Berikut rinciannya:

1. Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendi

2. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md

3. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

4. Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko

Dari keempat nama tersebut, nama Moeldoko paling banyak dibicarakan di tengah isu reshuffle pemerintah. Ini tak lain adalah manuver Moeldoko terkait Partai Demokrat.

Doktor bidang politik dari University of Queensland, Australia, Ahmad Khoirul Umam, mendorong Kepala Biro Personalia Kepresidenan (KSP) Moeldoko untuk diacak. Umam tidak setuju dengan langkah Moeldoko dalam konflik Partai Demokrat.

“Manuver politik Moeldoko terkait pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat yang melanggar etika dan logika demokrasi terbukti telah menyeret nama baik Istana Kepresidenan dan sejumlah pejabat tinggi negara,” ujarnya. pernyataan kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Sedangkan tiga anggota lainnya jarang masuk dalam daftar menteri yang layak di-reshuffle. Misalnya dalam survei terbaru yang diterbitkan oleh Institut Opini Politik Indonesia (IPO).

Baca Juga :  Data Kemenkum HAM: Jozeph Paul Zhang Masih WNI

Mahfud Md memang salah satu menteri yang kinerjanya dinilai cukup memuaskan. Sementara itu, Muhadjir Effendi dan Muhammad Lutfi, meski tidak masuk dalam daftar menteri yang kinerjanya memuaskan, juga tidak masuk dalam daftar menteri yang layak diganti.

Namun, Kementerian PMK yang diketuai oleh Muhadjir Effendi kerap dianggap terkait dengan pihak lain yang kerap disebut-sebut bergabung, yakni PAN.

Lebih jauh, meski ada isu reshuffle, hal itu terkait erat dengan masuknya PAN ke koalisi Jokowi. Nama-nama Kementerian PMK dan Kementerian Perhubungan sering dikaitkan saat PAN bergabung, ”ujarnya Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno kepada wartawan di Jakarta, Rabu, Kamis (15/4).

Pelarian awal M datang dari salah satu anggota koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin, yakni PKB. Elit PKB, Luqman Hakim, mengaku sebelumnya sudah memberikan informasi kepada jajaran pemerintahan yang bakal diacak-acak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden Jokowi akan mencampurkan anggota pemerintahan dengan inisial huruf M,” kata Lukman kepada detikcom, Kamis (15/4/2021).

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *