Sidang Disiplin, Enam Anggota Polres Kendari Dinyatakan Bersalah Langgar Aturan

Dapat Turut Pilkada 2020, Mabes Polri pengakuan Eks Pati Polri Tidak Dapat Intervensi Kepolisian Lagi

Aspitaif News -, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menegasakan bahwa eks perwira tinggi (Pati) Polri dapat ikut dan jadi kandidat dalam Pilkada Serentak 2020.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menjelaskan bahwa eks Pati Polri telah jadi warga biasa dan tidak tunduk pada aturan dalam institusi Kepolisian lagi.

“Member Polri yang telah purnabakti dari Kepolisian, maka dia kembali jadi warga biasa. Mereka tidak tunduk lagi pada ketentuan aturan yang mengikat selaku member Polri. Maka selaku warga, dia akan tunduk ke aturan secara umum hukum positif,” kata Asep di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

baca juga:

Asep mengakui bahwa para eks Pati Polri yang ikut pilkada tidak mempunyai kewenangan lagi dalam Polri. Apalagi, lanjutnya, sampai melaksanakan intervensi kepada institusi Polri.


“Tentunya dalam aspek netralitas, Kepolisian menjaga benar netralitas ini dalam arti meski orang purnawirawan tidak ada lagi sebuah kewenangan intervensi tugas-tugas Kepolisian dan hal itu pasti disadari,” ujarnya.

Diketahui, 3 orang dari unsur Polri yang jadi akan calon dalam Pilkada Serentak 2020.

Mereka ialah eks Kapolda Sumatera Barat Irjen Fakhrizal yang maju dalam Pilgub Sumbar, Irjen (Purn) Ike Edwin yang ikut dalam kontestasi Pilwalkot Bandar Lampung menggandeng Zam Zanariah, dan eks Kapolda Jawa Timur Irjen (Purn) Machfud Arifin dalam kontestasi Pilwalkot Surabaya.[]

Dapat Ikut Pilkada 2020, Mabes Polri Klaim Mantan Pati Polri Tak Dapat Intervensi Kepolisian Lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *