Dari Jabar hingga Jatim, 5 Daerah Ini Larang Perayaan Hari Valentine

Dari Jabar sampai Jatim, 5 Daerah Ini Larang Perayaan Hari Valentine

Aspitaif News -, Di tiap-tiap tahunnya, Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine dirayakan tiap-tiap tanggal 14 Februari. Dalam perayaannya, biasanya seseorang akan memberikan bunga atau cokelat ke orang-orang terkasihnya.

Di Indonesia, beberapa daerah malah mencegah masyarakatnya untuk merayakan Hari Kasih Sayang tersebut.

Dihimpun oleh Aspitaif News – dari bermacam sumber, berikut 5 daerah di Tanah Air yang mencegah Hari Valentine.

baca juga:

1. Depok, Jawa Barat


Depok, Jawa Barat (Jabar), jadi bagian kota di Tanah Air yang mencegah adanya perayaan Valentine. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga mengeluarkan imbauan melalui surat edaran Soal pelarangan Hari Kasih Sayang tersebut. Kecuali menabrak kaidah agama, Pemkot Depok juga menganggap Hari Valentine kurang sesuai dengan norma dan budaya bangsa Indonesia.

2. Bandung, Jawa Barat

Kecuali Depok, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Jabar, juga Ikut mengeluarkan surat edaran serupa. Surat bernomor 420/1014-Disdik tersebut pun sudah diedarkan ke sekolah-sekolah di Kota Bandung. Kecuali di sekolah, peraturan larangan merayakan Valentine juga berlaku waktu para murid Ada di luar sekolah.

4. Aceh

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, juga mencegah Hari Valentine. Menurut dia, pelarangan tersebut dikarenakan Valentine tidak sesuai dengan adat-istiadat yang berlaku di Aceh. Kecuali itu, merayakan Hari Kasih Sayang tersebut juga bertentangan dengan syariat Agama Islam.

4. Bangka Belitung

Larangan serupa juga dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. dikutip dari Antara, imbauan tersebut dikeluarkan meski tanpa adanya surat edaran. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung Junaidi, pihaknya tidak ada kewajiban untuk mengeluarkan imbauan. Tetapi, pihak dinas tetap berusaha Memperingatkan secara personal ke sekolah-sekolah.

5. Jawa Timur

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur (Jatim), meminta agar masarakat daerahnya tidak merayakan Hari Valentine. Imbauan tersebut tertuang pada fatwa MUI Jatim Nomor: Kep.03/SKF.MUI/JTM/I/2017 mengenai hal Hukum Merayakan Hari Valentine Bagi Orang Islam. Diketahui, pelarangan perayaan Hari Kasih Sayang tersebut telah dikeluarkan oleh MUI Jatim semenjak tahun 2017 lalu.

Bagaimana menurutmu?[]

Dari Jabar hingga Jatim, 5 Daerah Ini Larang Perayaan Hari Valentine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *