Connect with us

News

Darurat Bencana Kekeringan dan Cuaca Dingin di Papua Tengah, BNPB Distribusikan Logistik

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mendistribusikan sejumlah 5.228 kg logistik dan peralatan dalam upaya penanganan darurat bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Papua Tengah.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu mengatakan 5.228 kg logistik tersebut terdiri atas 3.844 kg logistik dan peralatan yang dikirim melalui Bandara Sinak dan 1.384 kg logistik dan peralatan melalui Bandara Agandugume.

“Dukungan bantuan logistik ini akan terus dilakukan selama masa tanggap darurat bencana kekeringan Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah,” kata Abdul Muhari.

Secara rinci, kata Abdul, bantuan yang telah dikirimkan melalui Bandara Sinak antara lain 380 paket sembako, 175 lembar matras, 100 lembar selimut, tujuh unit genset dan 60 unit tenda gulung.

Advertisement

Sementara bantuan yang dikirim melalui Bandara Agandugume, sambungnya, terdiri atas sebanyak 135 paket sembako dan 300 lembar matras.

“BNPB juga terus memantau hingga distribusi logistik sampai kepada warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, BNPB juga telah melakukan identifikasi awal lokasi yang memungkinkan untuk dibangun gudang logistik di sekitar kawasan Bandara Agandugume.

“Identifikasi awal ini dilakukan BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan perwakilan masyarakat untuk diputuskan secara bersama-sama,” kata dia.

Rencana pembangunan gudang logistik ini sebelumnya disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy pada saat mengantarkan bantuan melalui Bandara Sinak, Kamis (3/8), agar masyarakat Kabupaten Puncak, Papua Tengah memiliki cadangan pangan saat cuaca ekstrim berulang di masa depan.

Advertisement

Source: anatarnews
Dok: istimewa

See also  Wisata Gunung di Indonesia Lebih dari 400, Kamu Pernah Mengunjungi Salah Satunya?
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *