Delegasi-Taliban-di-Iran-Sebut-AS-Bertanggujawab-atas-Merebaknya-Kekerasan.jpg

Delegasi Taliban di Iran Sebut AS Bertanggujawab atas Merebaknya Kekerasan di Afghanistan

Diposting pada

Teheran, Warta Batavia –  Juru bicara delegasi negosiasi Taliban di Doha, Suhail Shaheen, mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) bertanggung jawab atas merebaknya kekerasan di Afghanistan belakangan ini.

Dalam pertemuan yang diadakan di Teheran, Iran, Senin (1/2), bersama dengan dua anggota Dewan Perundingan Pusat Taliban, Shaheen dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Mehr menjelaskan faktor merebaknya kekerasan di Afghanistan dalam beberapa bulan terakhir meskipun ada pembicaraan antar-elemen Afghanistan.

“Dalam perundingan, Amerika berjanji kepada kami bahwa mereka bertanggung jawab atas keamanan dan administrasi Kabul. Karena itu, mereka bertanggung jawab atas eskalasi kekerasan di Afghanistan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, “Amerika-lah yang meningkatkan serangan terhadap pasukan Taliban sehingga kami terpaksa mempertahankan diri. Orang Amerika mengaitkan kepada Taliban semua serangan yang mereka atau pasukan proksi mereka lakukan di Afghanistan. ”

Mengenai keberadaan kelompok teroris ISIS di beberapa daerah di Afghanistan, dia mengatakan bahwa banyak anggota ISIS telah dipindahkan dari Afghanistan.

“Sebelumnya, ISIS ada di daerah ini tetapi mereka tidak lagi ada di Afghanistan sedemikian rupa sehingga banyak dari mereka telah meninggalkan area ini,” ungkap Shaheen.

Baca Juga :  Jokowi Beberkan Alasan di Balik Genjot Guru Honorer Jadi PPPK

Menanggapi pertanyaan tentang tewasnya diplomat Iran di kota Mazari Sharif  dia menepis keterlibatan Taliban dalam peristiwa di masa lalu itu.

Taliban Bagian dari Realitas Afghanistan

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh di hari yang sama menyebut Taliban bagian dari realitas Afghanistan.

“Taliban adalah bagian dari realitas Afghanistan. Mereka memiliki beberapa kantor di beberapa negara, dan sedang dalam pembicaraan langsung dengan pemerintah Afghanistan,” ujarnya.

Mengenai motivasi kedatangan delegasi Taliban ke Iran, Khatibzadeh mengatakan, “Kunjungan ini dilakukan dengan sepengetahuan pemerintah Afghanistan, dan dalam kerangka pembicaraan yang sedang berlangsung antara pemerintah Afghanistan dan kelompok ini…. Iran selalu mengumumkan dukungannya kepada dialog antar-Afghan.”

Khatibzadeh menyebut hubungan antara Iran dan Afghanistan terjalin dengan sangat baik.

Dia mengatakan,  “Semua pembicaraan dan negosiasi berlangsung baik atas permintaan pemerintah negara ini atau dengan koordinasi mereka, meski tentu saja, kami tidak melupakan peristiwa dan kemartiran diplomat kami dalam serangan ke kedutaan Iran.” (mm/mna)

Baca juga:

Baca Juga :  Edhy Prabowo Ditangkap, KKP Setop Sementara Ekspor Benur

Demi Enyahkan AS dari Afghanistan, Delegasi Taliban Berkunjung ke Iran

 

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *